Breaking News:

Harimau Sumatera Betina yang Masuk Kandang Perangkap di Siak Kakinya Luka dan Membusuk Kena Jerat

Harimau Sumatera yang masuk box trap atau kandang perangkap milik BBKSDA Riau di Siak setelah diidentifikasi berjenis kelamin betina.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com
Harimau Sumatera yang masuk box trap atau kandang perangkap milik BBKSDA Riau di Siak setelah diidentifikasi berjenis kelamin betina. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harimau Sumatera yang masuk box trap atau kandang perangkap milik Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, setelah diidentifikasi berjenis kelamin betina.

Usia harimau diperkirakan masih remaja atau menuju dewasa, sekitar 3 tahun.

Belum diketahui pasti, apakah harimau ini yang memangsa seorang remaja lelaki bernama Malta Alfarel Nduru (16) beberapa waktu lalu, atau tidak.

Usai tertangkap, tim melakukan pembiusan terhadap Harimau Sumatera tersebut untuk dipindahkan ke kandang angkut, guna dibawa ke luar hutan.

Berdasarkan hasil observasi oleh tim medis di lapangan, ternyata terdapat luka bekas jerat di kaki depan sebelah kanan harimau itu.

"Kondisi luka jerat telah mengalami pembengkakan dan terdapat myasis (belatung) serta pembusukan jaringan," kata Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Jumat (10/9/2021).

Rencananya dipaparkan Hartono, akan dilakukan observasi dan pengobatan terhadap harimau malang ini, di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.

Ia turut mengimbau kepada masyarakat agar tidak memasang jerat dengan alasan apapun. Karena dapat membahayakan satwa liar yang dilindungi.

"Kita juga mengimbau agar pemegang konsesi aktif melakukan pembersihan jerat di wilayah konsesinya," sebutnya.

Sebelumnya, jasad korban ditemukan tergeletak di areal kebun sawit, milik PT Sawit Unisraya, pada Minggu (29/8/2021).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved