Breaking News:

Komitmen WIKA Kerjakan Proyek Infrastruktur Bendungan

PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. ( WIKA ) semakin mengukuhkan diri sebagai perusahaan terdepan di bidang infrastruktur bendungan.

Penulis: pitos punjadi | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Komitmen WIKA Kerjakan Proyek Infrastruktur Bendungan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. ( WIKA ) semakin mengukuhkan diri sebagai perusahaan terdepan di bidang infrastruktur bendungan.

Kini, 3 proyek Bendungan yang dikerjakan oleh WIKA telah selesai dan 2 diantaranya telah diresmikan berturut-turut oleh Presiden Joko Widodo yaitu Bendungan Kuningan Jawa Barat ( WIKA - Abipraya KSO) pada akhir Agustus lalu serta Bendungan Bendo Jawa Timur (Konsorsium WIKAHK) pada 7 September 2021.

Bendungan Passeloreng hasil karya WIKA yang terletak di Sulawesi Selatan juga dijadwalkan untuk diresmikan pada 9 September 2021.

Agung Budi Waskito (Agung BW) menyampaikan bahwa selesainya ketiga proyek tersebut menjadi wujud kontribusi WIKA dalam mendukung upaya Pemerintah untuk optimalisasi pemanfaatan air baik dari sisi irigasi untuk sektor pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan juga untuk pengendalian banjir. 

"Kami juga mengapresiasi Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR yang senantiasa mempercayakan WIKA dalam mengerjakan proyek-proyek infrastruktur bendungan. Hingga saat ini saja, tercatat sebanyak 40 bendungan yang masuk sebagai portofolio WIKA.

Jumlah itu kami yakini akan bertambah seiring dengan program pembangunan bendungan yang masih akan berlanjut," ucap Agung BW.

WIKA juga tengah mengerjakan proyek bendungan lainnya yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia dan khusus pekerjaan yang menjadi lingkup WIKA direncanakan akan selesai pada tahun 2021.

Bendungan Sukamahi Jawa Barat

Bendungan Sukamahi merupakan bendungan kering (dry dam) pertama di Indonesia yang hanya berisi air kala musim hujan saja.

Proyek bendungan yang berada di Kabupaten Bogor ini dibangun dengan luas kurang lebih 46.7 ha atau 467.000 m2 untuk mencegah banjir di wilayah ibukota Jakarta dengan cara menampung debit air hujan dan mengontrol debit air yang mengalir ke sungai Ciliwung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved