Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Satu Ekor Gajah Sumatera Sakit di Bengkalis, Kini Ditangani Tim BBKSDA Riau

“Saat itu kita dapat laporan, ada sekitar 10 ekor gajah terlihat menemani dan menjaga satu ekor gajah dewasa yang terluka dan lambat berjalan serta

Penulis: Dodi Vladimir | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengobati satu ekor gajah sakit di Kilometer 51, Kawasan Hutan Tanam Industri PT. Arara Abadi, Desa Koto Pait, Kecamatan Tualang Mandau, Bengkalis.

Pelaksana harian Kepala BBKSDA Riau, Hartono mengatakan, diperkirakan gajah berasal dari kelompok Giam Siak Kecil yang terpantau oleh tim BBKSDA Riau.

“Saat itu kita dapat laporan, ada sekitar 10 ekor gajah terlihat menemani dan menjaga satu ekor gajah dewasa yang terluka dan lambat berjalan serta kerap mengeluarkan suara rintihan keras,” ujar Hartono, Jumat, (10/9/2021).

Hartono menambahkan, usai mendapatkan laporan adanya gajah yang sakit, Tim Rescue BBKSDA Riau bersama tim penanganan konflik PT. Arara Abadi segera menuju lokasi guna melakukan pengobatan.

“Secara umum, gajah berjenis kelamin betina umur sekitar 40 tahun, kondisi cukup baik. Berdasarkan pengamatan terdapat pembengkakan di bagian tulang femur kaki kanan belakang, hal itu bisa disebabkan oleh trauma yang terjadi pada bagian tersebut,” kata Hartono.

Hartono juga menjelaskan, gajah betina diberikan obat anti nyeri, analgesik dan antibiotik.

“Usai pengobatan, gajah kemudian disadarkan kembali dan kembali ke alam liarnya,” ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved