Breaking News:

Antisipasi Kejadian Seperti di Lapas Tangerang, Divpas Kanwilkumham Riau Data Perangkat Kelistrikan

Pihaknya kini sedang melakukan pendataan di Lapas dan Rutan, mana yang perangkat kelistrikannya perlu peremajaan atau perbaikan.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Sesri
ISTIMEWA
Kadivpas Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau saat ini sedang melakukan pendataan terhadap Lapas dan Rutan, terkait perangkat kelistrikan yang perlu diperbaiki.

Upaya ini dilakukan agar peristiwa kebakaran seperti yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, Banten dan menewaskan 44 narapidana, tidak sampai terjadi di Riau.

Pasalnya, berdasarkan dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh korsleting atau arus pendek listrik.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Riau, Maulidi Hilal menuturkan, sebenarnya sebelum peristiwa nahas di Lapas Tangerang terjadi, dirinya sudah berkirim surat kepada seluruh Kepala UPT di jajarannya agar melakukan penertiban instalasi aliran listrik.

Baik pada area perkantoran maupun blok hunian warga binaan.

Surat yang dikirim tersebut tertanggal 7 Juni 2021.

Baca juga: FOTO: Kegiatan Promotif dan Preventif BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbar-Riau-Kepri Tahun 2021

Baca juga: Cek Di Sini Lokasi Tes SKD CPNS Kemenkum HAM 2021 Di Riau Beserta Syaratnya

"Jauh sebelum kejadian (di Lapas Tangerang), pada bulan Juni 2021, kita sudah antisipasi sebelumnya. Karena memang Kantor Lapas dan Rutan (di Riau) bangunannya sudah cukup lama. Tentu fasilitas yang ada bisa dibilang cukup dimakan usia," kata Hilal, Sabtu (11/9/2021).

Oleh karena itu disebutkannya, ia meminta kepada jajarannya agar melakukan kontrol dan mengecek instalasi listrik, dengan turut melibatkan petugas PLN.

Ini dilakukan guna mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi.

"Teman-teman sudah melakukan secara serentak, khususnya di Riau. Mereka sudah mengevaluasi sarana dan prasarana yang ada di Lapas, Rutan, Bapas, Rupbasan," urainya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved