Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Pansus DPRD Pekanbaru Jadwalkan Pekan Ini Finalisasi Ranperda Tibum

Pansus DPRD Pekanbaru menjadwalkan dalam pekan ini, membahas finalisasi Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
DPRD Pekanbaru
Suasana rapat Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat DPRD Pekanbaru, yang dihadiri Satpol PP, PUPR, Dinsos, DLHK, serta Dishub Pekanbaru, pekan lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pansus DPRD Pekanbaru menjadwalkan dalam pekan ini, membahas finalisasi Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat.

Finalisasi yang dimaksud, fokus menyelesaikan pembahasan empat pasal dalam Ranperda ini, yakni pasal 48, 49, 50, dan pasal 51.

Sekadar gambaran, Pemko Pekanbaru mengusulkan 53 pasal dan Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat. Di tengah pembahasan, Pansus bersama OPD Pemko sepakat mencoret dua pasal, sehingga tersisa 51 pasal lagi.

Dari 51 pasal yang ada, Pansus sudah selesai membahas 47 pasal. Tinggal 4 pasal lagi yang akan dibahas dan difinalisasikan dalam pekan ini.

"Untuk hari pembahasan finalisasi ini, tentatif. Yang jelas dalam minggu ini kita selesaikan," kata Ketua Pansus Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat, DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH, Minggu (12/9/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Untuk diketahui, empat pasal yang akan dibahas tersebut berkenaan dengan pasal 48 tentang penegakan, Pasal 49 tentang ketentuan penyidik, Pasal 50 tentang sanksi administratif dan Pasal 51 tentang ketentuan pidana.

"Pembahasan empat pasal ini kita bahas dengan teliti dan harus tepat sasaran. Sebab ini menyangkut pasal-pasal yang sensitif," sebutnya.

Setelah selesai dibahas empat pasal tersebut pekan ini, maka agenda selanjutnya yakni membawa Ranperda ini ke tahap paripurna. Dengan demikian,  pembahasan revisi Perda No 5 Tahun 2002 tentang Tibum dan Ketentraman Masyarakat ini, dapat dijalan dengan baik.

Yang terpenting lagi, tidak merugikan masyarakat banyak, serta tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi.

Bagi Pansus DPRD, biarlah pembahasan ini terlambat sedikit, agar ke depannya berjalan on the track. "Kita targetkan awal Oktober 2021 diparipurnakan," janjinya.

Seperti diketahui, pada rapat finalisasi nanti, Pansus DPRD mengundang Satpol PP, PUPR, Dinsos, DLHK, serta Dishub Pekanbaru.

Pansus DPRD Pekanbaru membahas revisi Perda No 5 Tahun 2002 Tentang Ketertiban Umum, yang diusulkan Pemko Pekanbaru sejak tahun 2018 lalu. Namun baru tahun 2021 ini bisa dibahas oleh DPRD Pekanbaru.

Pembahasan revisi Ranperda ini dilatarbelakangi, karena perkembangan Kota Pekanbaru sudah semakin pesat. Kondisi Ketertiban Umum Tahun 2002 lalu di Pekanbaru, tidak sama dengan sekarang. Jauh meningkat pesat, serta mengharuskan Perda ini direvisi. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi). 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved