Breaking News:

Varian MU Lebih Cepat Menyebar, Satgas Lakukan Antisipasi, Kasus Aktif Covid-19 di Pelalawan Landai

Satgas Covid-19 Kabupaten Pelalawan mengantisipasi varian MU yang dikabarkan lebih cepat menyebar meski kasus aktif landai

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan Asril M Kes mengatakan pihaknya melakukan upaya antisipasi varian MU yang lebih cepat menyebar meski kasus aktif Covid-19 di Pelalawan landai. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Pelalawan Riau mengantisipasi varian MU yang dikabarkan lebih cepat menyebar, meski tren saat ini terus melandai.

Juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan, Asril menyebutkan, banyak pihak memprediksi jika kasus corona akan kembali meningkat ke depan, setelah penurunan secara drastis terjadi selama satu bulan terakhir.

Apalagi dengan munculnya varian baru virus corona jenis MU yang telah ditemukan di Indonesia, setelah varian delta dan lainnnya.

Varian baru virus Covid-19 diperkirakan lebih cepat menyebar dibanding sebelumnya.

"Kita harus tetap mengantisipasi kemungkinan terburuk jika terjadi peningkatan kasus lagi ke depan," beber Asril kepada Tribunpekanbaru.com, Minggu (12/9/2021).

" Apalagi dengan adanya varian yang baru jenis MU ini,"imbuhnya.

Hak itulah yang mendasari jika penerapan PPKM level 3 tetap dijalankan di Pelalawan, walaupun kasus harian dan kasus aktif telah melandai.

Hal itu dilakukan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama beraktivitas di luar rumah, khususnya menggunakan masker.

Termasuk penerapan program pembatasan-pembatasan dalam kegiatan warga seperti yang telah dijalankan sebelumnya.

Dengan demikian, penyebaran virus varian baru itu bisa dicegah melalui penerapan prokes dan pembatasan kegiatan keramaian.

"Kita juga terus mengejar capaian vaksinasi Covid-19 ke masyarakat. Ini juga mengantisipasi kenaikan kasus kedepannya," ujar Asril.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan ini menyebutkan, saat ini kasus aktif Covid-19 di Pelalawan mencapai 58 pasien.

Menjalani isolasi mandiri (isoman) 34 orang dan dirawat di rumah sakit (RS) ada 24 orang.

Sedangkan tingkat kematian pasien Covid-19 mencapai 174 orang selama pandemi corona.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved