Breaking News:

Ahli Genetika Ungkap Asal Mula Covid-19, Bukan Dari Wuhan, Sudah Bermutasi di Negara Lain

Lagi, teori dan penelitian mengenai asal usul Covid-19 mengemuka ke publik, kali ini Covid-19 disebut berasal bukan dari kelelawar.

Penulis: Guruh Budi Wibowo | Editor: Ilham Yafiz
Prakash SINGH / AFP
Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covaxin untuk melawan virus corona Covid-19 di pusat vaksinasi di New Delhi pada 14 September 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Lagi, teori dan penelitian mengenai asal usul Covid-19 mengemuka ke publik, kali ini Covid-19 disebut berasal bukan dari kelelawar.

Covid-19 mungkin tidak berasal dari Wuhan, China, menurut ahli genetika terkemuka yang telah merekonstruksi "jalur evolusi" virus tersebut .

Diberitakan cgtn, Selasa (14/9/2021), Peter Forster, ahli genetika dan wakil presiden Masyarakat Cambridge untuk Aplikasi Penelitian di Universitas Cambridge, mengatakan pada kuliah online gagasan Covid-19 berasal dari ikan haring merah di pasar makanan laut Wuhan.

Sejauh ini, pandemi telah menginfeksi 219 juta orang di seluruh dunia dan membunuh lebih dari 4,5 juta orang.

Forster menambahkan bahwa varian Covid-19 yang bertanggung jawab atas skala besar pandemi global, termasuk Delta dan Beta, dapat ditelusuri kembali ke mutasi yang terjadi di Italia utara.

Tim Forster mempelajari database asli 160 genom virus yang diambil dari batch pertama pasien Covid-19 antara Desember 2019 dan Maret 2020.

Dengan melakukan itu, mereka dapat mengidentifikasi virus tertua, yang mereka beri label "tipe A."

Ini bukan virus yang sama persis yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, menunjukkan bahwa virus itu muncul di tempat lain dan bermutasi sebelum tiba di kota.

"Kami berasumsi, seperti orang lain, bahwa virus itu awalnya muncul di Wuhan tetapi mengejutkan bahwa kami tidak memiliki leluhur tipe A, tetapi tipe B turunan yang dominan," sebutnya.

Setelah memplot genom virus dalam data pra-Januari 16, 2020, Forster berkata: "Jika saya bertanya kepada Anda di mana jenis ini paling umum dan di mana, oleh karena itu, kemungkinan daerah asalnya, Anda mungkin akan berkata, yah, mungkin di suatu tempat. di Cina, Asia Tenggara, tapi jelas tidak di Provinsi Hubei atau Wuhan," tegasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved