Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Ranperda Tibum Sudah Selesai Dibahas, Pansus DPRD Pekanbaru Jadwalkan Paripurnanya Oktober 2021

Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat, sudah selesai dibahas Pansus DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Internet
Ilustrasi Ranperda 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ranperda Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman Masyarakat, sudah selesai dibahas Pansus DPRD Pekanbaru.

Kini langkah Pansus, hanya menunggu harmonisasi dari Gubernur Riau, terkait hasil pembahasan Ranperda ini.

"Terakhir kita rapat bersama Satpol PP, PUPR, Dinsos, DLHK, serta Dishub Pekanbaru, Senin kemarin. Semua pasal sudah kita bahas secara rinci," tegas Ketua Pansus Ranperda Tibum dan Ketentraman Masyarakat, DPRD Pekanbaru Robin Eduar SH MH, Selasa (14/9/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Seperti diketahui, jumlah pasal yang dibahas Pansus DPRD dalam Ranperda ini, hanya 51 pasal, dari 53 pasal yang diajukan Pemko. Namun dua pasal dicoret, karena dinilai tidak ada korelasinya dengan Ranperda.

Dari semua pasal tersebut, ada empat pasal yang sempat dibahas serius, yakni pasal 48 tentang penegakan, Pasal 49 tentang ketentuan penyidik, Pasal 50 tentang sanksi administratif dan Pasal 51 tentang ketentuan pidana.

"Jadi, setelah dapat arahan dari Bidang Hukum Pemprov Riau nanti, maka kita lakukan satu kali pertemuan lagi. Apa saja yang menjadi masukan, ini yang kita bahas. Paling lama dua pekan lah dari sekarang," tegasnya.

Pansus DPRD Pekanbaru membahas revisi Perda No 5 Tahun 2002 Tentang Tibum, yang diusulkan Pemko Pekanbaru sejak tahun 2018 lalu. Namun baru tahun 2021 ini bisa dibahas oleh DPRD Pekanbaru.

Pembahasan revisi Ranperda ini dilatarbelakangi, karena perkembangan Kota Pekanbaru sudah semakin pesat. Kondisi Ketertiban Umum Tahun 2002 lalu di Pekanbaru, tidak sama dengan sekarang. Jauh meningkat pesat, serta mengharuskan Perda ini direvisi.

Lebih lanjut disampaikan Robin, untuk paripurna Ranperda ini, direncanakan Pansus dilaksanakan paling lama awal Oktober 2021 mendatang. (Tribunpekanbaru.com /Syafruddin Mirohi).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved