Breaking News:

Perebutan Kekuasaan Buat Taliban Pecah, Para Pentolan Berkelahi Di Istana Presiden

Bahkan, para pemimpin Taliban berkelahi satu dengan yang lain dalam memperebutkan posisi penting istana presiden di ibu kota Kabul.

Penulis: Guruh Budi Wibowo | Editor: Guruh Budi Wibowo
WAKIL KOHSAR / AFP
Para pentolan Taliban 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Seorang pejabat senior Taliban mengakui jika para pemimpin Taliban pecah usai membentuk pemerintahan.

Bahkan, para pemimpin Taliban berkelahi satu dengan yang lain dalam memperebutkan posisi penting istana presiden di ibu kota Kabul.

Taliban pun pecah menjadi dua kelompok.

Kedua kelompok tersebut berdebat soal jasa-jasa mereka dalam menaklukan pemerintahan Afghanistan sebelumnya.

Perselisihan itu terungkap setelah salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, menghilang dari pandangan selama beberapa hari.

Salah satu sumber Taliban mengatakan kepada BBC Pashto bahwa Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani, menteri pengungsi dan seorang tokoh terkemuka dalam jaringan militan Haqqani, telah bertukar kata-kata keras, ketika pengikut mereka saling berkelahi.

Dilansir dari BBC, seorang anggota senior Taliban yang berbasis di Qatar dan seseorang yang terkait dengan mereka yang terlibat juga membenarkan bahwa sebuah pertengkaran telah terjadi akhir pekan lalu.

Sumber tersebut mengatakan argumen itu pecah karena Baradar, wakil perdana menteri yang baru, tidak senang dengan struktur pemerintahan sementara mereka.

Perselisihan juga dilaporkan berasal dari perpecahan mengenai siapa di Taliban yang harus mendapat pujian atas kemenangan mereka di Afghanistan.

Baradar dilaporkan percaya bahwa penekanan harus ditempatkan pada diplomasi yang dilakukan oleh orang-orang dalam kelompoknya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved