Breaking News:

Status Kota Padang Masih Level 4: Tingkat Vaksinasi Tak Capai 50 Persen, Ada Apa?

Saat ini untuk mencapai target vaksinasi 270.000 warga Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang saat ini menyasar vaksinasi untuk siswa.

Editor: Firmauli Sihaloho
Prakash SINGH / AFP
Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Covaxin untuk melawan virus corona Covid-19 di pusat vaksinasi di New Delhi pada 14 September 2021. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Capaian vaksinasi di Kota Padang, Sumatera Barat, belum sampai 50 persen dari target baik untuk vaksinasi dosis pertama maupun kedua.

Data itu tercatat hingga pertengahan September 2021.

Disaat bersamaan, Kota Padang saat ini masih berstatus PPKM Level 4.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, secara keseluruhan target vaksinasi di Kota Padang yakni sebanyak 270.000 orang. Tapi yang divaksin hingga September 2021 belum ada separuh dari target itu. 

"Untuk vaksinasi tahap satu capaian kita sudah 33 persen dan tahap kedua sudah 20 persen," ujar Feri Mulyani kepada Kompas.com melalui telepon, Selasa (14/9/2021).

Ia berkilah jika pencapaian target vaksinasi tidak bisa dalam hitungan hari.

Baca juga: Gadis Belia Terjebak Rayuan Oknum Dosen,Kenal di Medsos,Mau Dibawa ke Hotel,Bisa Ditebak Ini Terjadi

Baca juga: ZODIAK Hari Ini Rabu: Libra Jangan Terkejut, Ada Catatan Buat Gemini

"Untuk melakukan vaksinasi itu tidak bisa satu hari. Jadi kita akan terus melakukan vaksinasi sampai mencapai target," ujar Feri.

Saat ini untuk mencapai target vaksinasi 270.000 warga Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang saat ini menyasar vaksinasi untuk siswa.

"Saat ini kami melakukan vaksinasi massal menyasar para siswa. Itu salah satu cara untuk mencapai target," kata Feri.

Walaupun capaian vaksinasi di Kota Padang rendah, Feri Mulyani mengklaim saat ini kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi sudah mulai tinggi.

Ia juga mengimbau agar warga yang sudah melakukan vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan sebab warga sudah divaksin pun masih bisa terpapar Covid-19.

"Mari patuhi protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dan selalu menjaga jarak," katanya.

Baca juga: Aneh,Burung Pipit Berjatuhan Mati di Balai Kota Cirebon,Sampel Air Liur Diperiksa,Apa yang Terjadi?

Baca juga: Ingat Bule Prancis yang Kepincut Pria Aceh Lalu Masuk Islam? Nasib Rumah Tangganya Kini Disorot

Padang masih PPKM Level 4

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Sumatera Barat menargetkan 45.000 siswa SMP mendapat vaksinasi.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, hal itu dilakukan sebagai persiapan untuk memulai pendidikan tatap muka (PTM) SMP.

Vaksinasi untuk siswa SMP ini ditargetkan selesai pada 16 September 2021 mendatang. Setiap siswa yang akan mendapat vaksinasi harus mendapat izin dari orangtua.

"Tapi sejauh ini vaksinasi berjalan lancar dan para orangtua siswa memberikan dukungan yang luar biasa," ujar Wali Kota Padang Hendri Septa kepada sejumlah wartawan, Senin (13/9/2021).

Menurut Hendri Septa belajar tatap muka di Kota Padang baru bisa dimulai jika status PPKM sudah turun dari level 4. Kota Padang saat ini berada di PPKM Level 4.

"Kita mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Daerah yang berada di PPKM Level 4 tidak boleh menggelar sekolah tatap muka," ujarnya.

( Tribunpekanbaru.com/Kompas )

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved