Breaking News:

‎Warga Dumai Ada Operasi Yustisi Prokes hingga 28 September, Hari Pertama 47 Orang Kena Sanksi

Operasi yustisi prokes akan berlangsung di Dumai selama 14 hari hingga 28 September 2021. Di hari pertama Rabu (15/9/2021) ada 47 orang kena sanksi

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
istimewa
Warga Dumai yang terjaring operasi yustisi dikenakan sanksi sosial berupa membersihkan halaman mesjid dan sarana masjid, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Operasi yustisi prokes akan berlangsung di Dumai selama 14 hari hingga tanggal 28 September 2021 mendatang. Di hari pertama Rabu (15/9/2021) ada 47 orang terjaring dan kena sanksi.

Operasi itu dalam rangka menegakkan atauran terkait protokol kesehatan (prokes) dan dilaksanakan oleh Satpol PP Kota Dumai bersama tim gabungan.

Di hari pertama operasi yustisi prokes Covid-19 ini, tim berhasil mengamankan puluhan pelanggar yang kebanyakan tidak menggunakan masker.

Kepala Satpol PP Kota Dumai Yuda Pratama mengungkapkan, bahwa operasi yustisi ini dilaksanakan dalam rangka menegakkan Peraturan Walikota Dumai Nomor 65 tahun 2020.

Tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) .

Bukan hanya itu saja, operasi yustisi ini juga menegakkan surat edaran Satgas Covid-19 Nomor 08 tahun 2021, tentang pedoman Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Pada hari pertama pelaksanaan operasi yustisi, dipusatkan di Jalan Kesuma Kelurahan Jayamukti Kecamatan Dumai Timur.

Hasilnya, ‎sebanyak 47 orang terjaring razia karena tidak menggunakan masker dan langsung dikenakan sanksi sosial.

"Jumlah pelanggar 47 orang, terdiri dari pria 33 orang dan wanita 14 orang. Dikenakan sanksi sosial berupa membersihkan halaman mesjid dan sarana masjid," katanya, Kamis (16/9/2021).

Yudha menerangkan, sanksi sosial ini dilakukan, untuk memberikan efek jera kepada warga yang tidak menerapkan Protokol Kesehatan, seperti tidak menggunakan masker.

Diakuinya, operasi yustisi dilaksanakan mulai 14 hari, yang dimulai dari 15 hingga 28 September 2021, tentunya harapan yang diinginkan dari kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kesadaran prokes ditengah masyarakat.

"‎Semoga operasi yustisi ini bisa berdampak kepada masyarakat, dan tentunya perkembangan Covid-19 bisa dihentikan, dan kota Dumai, bisa terbebas dari Covid-19," pungkasnya

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Putra )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved