Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Senin, Komisi II DPRD Panggil Dishub untuk Hearing, Jangan Coba-coba Pungut Parkir Ritel Lagi

Komisi II DPRD yang membidangi mengenai PAD kota ini bahkan, sudah menjadwalkan pemanggilan Dishub Pekanbaru

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
tribunpekanbaru/fernando
FOTO ILUSTRASI - Parkir ritel 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Sudah adanya perintah dari Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT melalui Sekko M Jamil, agar Dishub tidak memungut parkir di ritel waralaba Indomaret dan Alfamart, langsung direspon cepat legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Komisi II DPRD yang membidangi mengenai PAD kota ini bahkan, sudah menjadwalkan pemanggilan Dishub Pekanbaru, untuk digelar hearing. Rencananya, hearing dilaksanakan pada Senin (20/9/2021).

"Surat pemanggilan hearing sudah kita layangkan. Kita minta Kepala Dishub yang langsung hadir. Tidak boleh diwakili. Apalagi kemarin Dishub sudah sempat mangkir kita panggil," tegas Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah SH MH, Jumat (17/9/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Selain Dishub, Komisi II DPRD Pekanbaru juga memanggil perusahaan atau pengelola parkir untuk hearing. Sehingga data dan informasi yang diterima, bisa komprehensif.

Meski demikian, Komisi II juga mewanti-wanti Dishub Pekanbaru, agar menjalankan perintah Walikota Firdaus tersebut. Sebab, dari informasi yang diterima Komisi II, hingga Kamis malam (16/9/2021) dan Jumat (17/9/2021) siang, ada beberapa Indomaret dan Alfamart yang masih dipungut parkirnya.

"Jangan coba-coba parkir lagi di ritel waralaba. Kan sudah jelas instruksinya, tidak memungut sampai akhir tahun 2021 ini. Kalau masih dipungut, tentu kita akan marah," sebutnya.

Politisi Senior Partai Gerindra ini mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dishub mengenai masalah ini. Meski diakui PAD yang dipungut Dishub lebih besar, dari pada pajak parkir selama ini, namun tidak bisa dilaksanakan saat ini.

"Dalam kesepakatan Indomaret dan Alfamart sampai Desember 2021. Mereka sudah bayar pajak parkirnya. Jadi jangan ditagih  lagi ke warga. Kami ingatkan, jangan dipungut," tegas Fathullah lagi.

Sebelumnya, Sekko Pekanbaru M Jamil menegaskan, sesuai arahan Walikota Pekanbaru Firdaus MT, untuk pungutan parkir di ritel waralaba Indomaret dan Alfamart tersebut, dihentikan dulu.

Apalagi masyarakat Kota Pekanbaru sudah heboh dan mengeluh.

"Pak Walikota sudah menginstruksikan kepada kami, untuk menjembatani masalah ini. Karena di ritel (Indomaret dan Alfamart) itu sudah ada membayar pajak parkir selama satu tahun," kata M Jamil kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Dijelaskan, bahwa persoalan ini sudah dibahas oleh Bapenda Pekanbaru dan Dishub Pekanbaru. Karena hal ini sudah menjadi keresahan bagi masyarakat, terutama bagi pelanggan ritel tersebut.

"Maka kemarin saya instruksikan hentikan dulu, untuk pungutan retribusinya oleh Dishub, sampai batas waktu Desember 2021. Setelah itu kita bicarakan lagi. Apakah kita lanjutkan atau tidak. Kadishub sudah oke, dan dia sudah menginstruksikan ke bawahannya," terangnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved