Breaking News:

Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pembagian dan Penanaman 1000 Bibit Buah Produktif di Desa Padang Luas

Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 lakukan kegiatan pembagian dan penanaman 1000 bibit tanaman buah produktif

Penulis: Nolpitos Hendri | Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pembagian dan Penanaman 1000 Bibit Buah Produktif di Desa Padang Luas 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta Balek Kampung UNRI 2021 lakukan kegiatan pembagian dan penanaman 1000 bibit tanaman buah produktif di Desa Padang Luas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau pada Minggu (08/08/2021).

Kelompok Kukerta UNRI Desa Padang Luas dalam kegiatan pembagian dan penanaman bibit tanaman buah produktif dilakukan bersama masyarakat ini didukung oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito (BPDASHL) Indragiri Rokan.

Saat tim Kukerta meminta bibit tanaman buah produkti, BPDASHL langsung menyetujui permintaan mahasiswa.

Bibit yang diberikan oleh BPDASHL berupa bibit tanaman buah prduktif yakni durian, jengkol, dan petai yang dalam jangka panjang sangat dibutuhkan masyarakat Desa Padang Luas.

Kegiatan ini dimulai dengan kata sambutan oleh ketua Tim Kukerta Universitas Riau, Taufik Hatta Arrasyid, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala Desa, dan kemudian ucapan terima kasih dari  beberapa pemuka masyarakat setempat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit secara simbolis di lahan terbuka sekitar sungai.

Sebelum itu, beberapa dari bibit-bibit sudah dibagikan kepada masyarakat Desa Padang Luas.

Pembagian dan penanaman bibit diterima oleh Kepala Deaa dan pemuka masyarakat setempat.

Adapun penanaman dilanjutkan oleh tim Kukerta UNRI Desa Padang Luas bersama pemuda setempat. Penanaman dilakukan di beberapa tempat seperti lahan terbuka di sekitar sungai, beberapa tempat di sepanjang jalan, dan beberapa di rumah warga.

"Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Mayta Novaliza Isda, M.Si yang telah membimbing dan mendukung kami dalam Kuliah Kerja Nyata (Kukerta), dan terimakasih kepada Kepala Desa Padang Luas Bapak Solihan yang telah tersedia menerima kami di Desa Padang Luas. 

Kegiatan penanaman bibit ini kami lakukan bertujuan untuk penghijauan lahan di sekitar sungai.

Bibit yang kami tanam di sekitar sungai ini, kami harap bisa memberikan nilai guna yang akan membantu perekonomian masyarakat di kemudian hari," ujar Taufik Hatta Arrasyid, selaku Ketua Kelompok Kukerta UNRI di Desa Padang Luas Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Proses pembagian dan penanaman bibit-bibit oleh mahasiswa Kukerta UNRI ditanam mulai dari lahan terbuka milik desa yang didampingi oleh Kepala Dusun III Pulau Bayur Desa Padang Luas dan masyarakat setempat.

Menurut penjelasan Kepala Desa Padang Luas, Solihan, acara kegiatan penanaman bibit-bibit tanaman ini berjalan dengan lancar, beliau mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Kukerta UNRI yang memfasilitasi kegiatan pembagian dan penanaman bibit tanaman ini.

Beliau berharap selain memberikan dampak positif berupa gerakan penghijauan desa juga membantu perekonomian masyarakat desa di kemudian hari. ( Tribunpekanbaru.com / Nolpitos Hendri )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved