Breaking News:

Resahkan Masyarakat, 5 Orang dalam Jaringan Pengedar Sabu di Inhil-Inhu Dibekuk Polres Inhil

Sat narkoba Polres Inhil berhasil mengungkap jaringan sindikat narkotika pegedar sabu di Inhil yang kerap mengedarkan barang haram tersebut.

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Ariestia
Internet
Sat narkoba Polres Inhil berhasil mengungkap jaringan sindikat narkotika pegedar sabu di Inhil yang kerap mengedarkan barang haram tersebut. FOTO: Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TANAH MERAH – Sat narkoba Polres Inhil berhasil mengungkap jaringan sindikat narkotika pegedar sabu di Inhil yang kerap mengedarkan barang haram tersebut di dua wilayah.

Yaitu, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil dan Batang Cenaku, Indragiri Hulu (Inhu).

Total sebanyak 5 tersangka dibekuk jajaran Polres Inhil dalam sindikat ini, tiga pelaku di Kecamatan Tanah Merah, Inhil dan 2 pelaku lainnya di Inhu.

Kasat Narkoba Polres Inhil, Iptu Indra Mulyadi Lubis, SE, SH melalui Paur Humas Ipda Esra, SH memaparkan pengungkapan jaringan narkotika tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan yang dilakukan Unit Reskrim Polsek Tanah Merah terhadap 3 tersangka dan barang bukti sabu di Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Inhil pada 12 September lalu.

“Tersangka laki-laki berinisial J (49), MDP (22) dan MR (24). Pada tersangka J ditemukan barang bukti sabu sebanyak 25 paket kecil dan ditangan MDP serta MR sebanyak 33 paket sabu ukuran sedang,” ungkapnya, Minggu (18/9/21).

Esra menambahkan, penangkapan ke tiga tersangka berdasarkan informasi dari masyarakat yang merasa resah dengan peredaran sabu di wilayah setempat.

“Setelah diinterogasi, J ini membeli dan mendapatkan shabu dari MR selaku penjual, sedangkan MDP berperan sebagai kurir mengantarkan shabu kepada J,” jelas Ipda Esra.

Dari hasil penangkapan itu, Polsek Tanah Merah lalu berkoordinasi dengan Sat Narkoba Polres Inhil untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Berdasarkan dari hasil pengembangan penangkapan tersangka sebelumnya di Tanah Merah, Inhil, akhirnya Sat Narkoba Polres Inhil juga berhasil menangkap 2 orang laki-laki tersangka narkotika jenis sabu berinisial HS (45) dan IF (24) di desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Inhu, Senin (13/9).

“Satu diantara tersangka di Tanah Merah adalah menantu seorang tersangka di Inhu, maka berawal dari penyidikan tersebut kedua tersangka yang berada di Inhu berhasil kita ungkap, bahwa barang bukti sabu di dapatkan dari HS (mertua MR). Atas dasar keterangan MR itu Sat Narkoba Polres Inhil langsung melakukan penangkapan terhadap HS,”terang Ipda Esra.

Pada saat dilakukan penangkapan HS sedang bersama seorang laki-laki berinisial IF.

Setelah diamankan Tim Sat Narkoba Polres Inhil menggeledah tempat tinggal HS dan IF dengan disaksikan warga setempat.

Saat digeledah ditemukan barang bukti 1 paket sabu, sehingga dua tersangka tersebut dan beserta barang bukti dibawa ke Mapolres Inhil guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Total berat sabu 89,16 gram. Ke lima tersangka dikenai pasal 112 Jo 114 Jo 132 UU RI No.35 thn 2009, tentang Narkotika dengan ancaman pidana paling lama dua puluh tahun penjara,” pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved