Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Apa Kabar Proyek Air Durolis, Ini Harapan Dewan Riau

Setelah dibangun, biaya perawatannya bisa dibebankan ke kabupaten untuk pipanisasi di masing-masing daerahnya, untuk pipa intinya baru dikerjakan oleh

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-- Anggota DPRD Riau dari Partai Amanat Nasional (PAN) Sunaryo menyebut permasalahan air bersih masih menjadi keluhan kebanyakan masyarakat pada resesnya bulan lalu.

Untuk itu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis)

Masalah ini disebutnya menjadi masalah serius juga selama ini tidak hanya Dumai, tetapi juga Bengkalis dan Rohil.

"Permasalahan utamanya sudah dari dulu, air bersih.

Ini dari dulu belum terselesaikan karena anggaran daerah juga tidak mencukupi untuk membuat proyek air bersih," ujar Sunaryo, Jumat (17/9/2021).

Kebutuhan masyarakat, khususnya untuk air minum disebutnya sangat mendesak sehingga perlu kerjasama sharing budget antar kabupaten dan provinsi untuk kelanjutan ptoyek pembangunan SPAM Durolis harus segera digesa.

Sebagaimana diketahui proyek SPAM Regional Durolis ini sudah dimulai sejak masa kepemimpinan Arsyadjuliandi Rachman dan saat ini belum dilanjutkan, progresnya sendiri sudah mencapai 35 persen.

"Kemarin itu ada kerjasama sharing budget dengan pemerintah provinsi, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir untuk pembangunan SPAM Durolis," ujarnya.

Setelah dibangun, biaya perawatannya bisa dibebankan ke kabupaten untuk pipanisasi di masing-masing daerahnya, untuk pipa intinya baru dikerjakan oleh Pemprov.

"Nanti diperbatasan masing-masing, tanggung jawab masing-masing. Ke sungainya nanti baru tanggung jawab provinsi," ujar Politisi PAN ini.

Sejuah ini SPAM durolis yang progress pembangunannya sudah mencapai 35 persen belum juga dapat dimaksimalkan, Sunaryo berharap pembangunannya dapat ditindaklanjuti.

"Ini kita lihat hari ini belum maksimal, saya tidak tahu persis.

Tapi kita minta pak Gubernur fasilitasi kembali lah, karena ini kepentingan bersama Dumai, Bengkalis, Rohil,"ujar Sunaryo.

Persoalan mendasar bagi tiga Kabupaten dan Kota di Riau ini adalah masalah air bersih, Dumai Rohil dan Bengkalis, sehingga dimasa kepemimpinan Andi Rachman lalu dicetuskan pembangunan SPAM Regional yang bertujuan penyediaan air bagi masyarakat di Pesisir.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved