Breaking News:

Alami Trauma Psikis, Beginilah Kabar Terbaru Nakes yang Selamat dari Penyerbuan KKB di Papua

Ada 9 tenaga kesehatan yang kini dilaporkan alami trauma psikis. Pada nakes ini kemudian mendapat pendampingan perisikolog

Editor: Budi Rahmat
TRIBINNEWS/PUSPEN TNI
Koopsgab TNI Papua berhasil mengevakuasi 9 dari 11 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Distrik Kiwirok, Kab. Pegunungan Bintang dan 1 anggota TNI korban penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Lapangan Frans Kaisepo Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Jumat (17/09/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Beginilah kabar terbaru tenaga kesehatan (nakes) yang dievakuasi dari wilayah Papua pasca penyerbuan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Para nakes yang selamat menjalani perawatan dan juga pendamapingan psikologis.

Sebab, beberapa di antaranya mendapati kenyataan saat KKB menyerbu barak mereka di wilayah Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua
Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah nakes mengalami tindak kekerasan yang dilakukan oleh KKB.

Bahkan ada yang meninggal dunia karena mendapat penganiayaan.

Baca juga: Kabar Terbaru Nakes yang Selamat dari Kebiadaban KKB Papua, Dirawat dan Dipulihkan Psikologisnya

Nakes yang selamat segera dilakukan evkuasi sedangkan yang terluka langsung mendapat perawatan.

Kini mereka sudah ditenmpatkan di lokasi yang aman dan mendapat perawatan intensif.

Sebanyak 9 tenaga kesehatan di distrik Kiwirok yang selamat dari peristiwa kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mengalami trauma psikis.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Papua, dr Donald Aronggear, SpB(K) mengatakan, 9 nakes tersebut adalah dr. Restu Pamanggi, Marselinus Ola Attanila, Manuel Abi, Martinus Deni Satya, Lukas Luji, Patra, Siti Khodijah, Katrianti Tandila, dan Christina Sampetonapa telah dievakuasi ke Jayapura.

"Semuanya sedang dalam penanganan medis dan psikis untuk trauma yang dialami," ujar dr Donald dalam keterangan yang diterima Minggu (19/9/2021).

Ia menuturkan, kondisi dr Restu Pamanggi yang mengalami fraktur di bagian tangan sudah dioperasi dan sedang dalam proses pemulihan secara medis, serta menjalani pemeriksaan psikis untuk pemulihan secara mental.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved