Breaking News:

Ciptakan Mesin Peraut Lidi Kelapa Sawit,Pelalawan Raih Juara 2 Inovasi Teknologi Tepat Guna Nasional

Kabupaten Pelalawan meraih juara dua pada kategori inovasi dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Pelalawan meraih juara dua pada kategori inovasi dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Desa PDTT RI secara virtual, Senin (20/9/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kabupaten Pelalawan meraih juara dua pada kategori inovasi dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021.

Lomba itu diselenggarakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI secara virtual.

Penghargaan diserahkan pada Senin (20/9/2021) lalu.

Adapun alat yang meraih juara 2 dalam kategori inovasi TTG Nasional XXII yakni mesin peraut lidi kelapa sawit atau peraudi eskpres dari Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Mesin sederhana itu membersihkan lidi yang ada di daun kelapa sawit hingga bersih untuk dijadikan sapu lidi atau beberapa karyawan kerajinan tangan lainnya.

Mesin tersebut diciptakan warga Pelalawan Suranto atau yang akrap dengan sapaan Pak Trimo oleh masyarakat umum.

"Mesin tersebut mampu membersihkan lidi kelapa sawit satu kilogram dalam lima menit. Ini yang menjadi juara 2 kategori inovasi pada TTG Nasional kemarin," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Novri Wahyudi, Selasa (21/09/2021).

Kepada Tribunpekanbaru.com Novri Wahyudi menjelaskan, lidi yang dihasilkan mesin peraut ciptaan Suranto sangat bersih dan tidak ada lagi daun yang tertinggal.

Lidi tersebut alot dan tidak patah dari pangkal sampai ke ujung.

Apabila dijual dalam bentuk lidi harganya mulai Rp 5 ribu sampai Rp 7 ribu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved