Breaking News:

Pengabdian Kukerta Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI Di Tengah Pandemi, Edukasi Ibu-ibu Hamil

Oleh karena itu, ibu hamil harus melakukan sejumlah langkah pencegahan sekaligus penguatan kandungan di masa pandemi ini. Meraka juga harus beradaptas

Istimewa
Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI menyerahkan poster edukasi kepada ibu hamil di Kelurahan Sidomulyo Barat 

TRIBUNPEKANBARU.COM -  Menjalani kehamilan di tengah pandemi Covid-19 menjadi sebuah hal yang tidak mudah bagi ibu- ibu hamil di Kota Pekanbaru, Riau

Selain menjaga kesehatan diri sendiri, ibu hamil juga perlu memikirkan kesehatan janin yang dikandung.

Sebab, ibu hamil masuk dalam kategori kelompok rentan yang dapat terinfeksi Covid-19. 

Oleh karena itu, ibu hamil harus melakukan sejumlah langkah pencegahan sekaligus penguatan kandungan di masa pandemi ini. Meraka juga harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. 

Untungnya, saat ini mereka mendapat bimbingan dari sejumlah mahasiswa yang menggelar Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UNRI gelombang III.

Dengan pengabdian para mahasiswa ini, para ibu- ibu hamil bisa mendapat informasi terkait pandemi dan kehamilan mereka dengan mudah meski ditengah pandemi.

Kelompok mahasiswa program B 2020 Fakultas Keperawatan itu menggelar melakukan kegiatan dengan tema new normal dan programnya terfokus pada “Pemberdayaan Ibu hamil Dalam Perawatan Kehamilan Pada Era Kebiasaan Baru” di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru. 

Kelompok yang beranggotakan 5 mahasiswa ini dibimbing oleh seorang dosen.

Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI membagikan poster edukasi kepada ibu hamil
Mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI membagikan poster edukasi kepada ibu hamil (Istimewa)

Ketua Kukerta kelompok B 2020, Dayu mengatakan, kegiatan yang dimulai pada 27 Juli itu membuka group WhatsApp yang beranggotakan 16 ibu- ibu hamil

Di dalam group tersebut, para ibu- ibu hamil bisa melakukan konsultasi terkait kehamilan mereka. 

Mahasiswa secara mandiri berbagi tugas menghubungi ibu hamil untuk meminta kesediaannya bergabung dalam sebuah grup Whatsapp yang nantinya akan diberikan info seputar kehamilan.

"Setelah itu kami menggelar Focus Grup Discussion (FGD) untuk berdiskusi tentang informasi khusus yang dibutuhkan bagi ibu hamil.  Dari hasil FGD didapatkan informasi berisi keluhan-keluhan yang ibu rasakan selama kehamilan dan pertanyaan mengenai persalinan normal bagi ibu hamil dengan riwayat operasi Caesar," kata Dayu. 

Dalam kegiatan itu, mahasiswa Kukerta juga menyampaikan materi-materi yang diperlukan bagi ibu hamil seputar konsep kehamilan di tiap trimester beserta perawatan kehamilannya, senam hamil, perawatan kehamilan di era kebiasaan baru serta mengenai vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil melalui video yang diunggah ke YouTube.

"Selain melakukan edukasi dengan share video melalui grup Whatsapp, mahasiswa juga menyebarkan poster-poster terkait vaksinasi covid-19 di sekitar Kelurahan Sidomulyo Barat," ujar Dayu. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved