Breaking News:

UAS Berpetualang Dakwah ke Pedalaman, Kini Kunjungi Bagan Benio Bengkalis, Bangun Madrasah

UAS melakukan dakwah pedalaman di Dusun Bagan Benio, Desa Tasik Serai Bengkalis Riau dan membangun madrasah setingkat tsanawiyah

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Ustadz Abdul Somad (UAS) melakukan dakwah pedalaman di Dusun Bagan Benio, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ustadz Abdul Somad (UAS) melakukan dakwah pedalaman di Dusun Bagan Benio, Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Senin (20/9/2021) hingga Selasa (21/9/2021).

Kegiatan ini dimotori oleh Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) dan disupport oleh Dompet Dhuafa Riau, Baznas Bengkalis, Lazis Dewan Dakwah, Lazis PHR, Sunathrone Indonesia, Masjid Ushuluddin Duri, Masjid Raya Duri, dan YBM PLN.

UAS telah mengunjungi masyarakat Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu, masyarakat Suku Akit di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kemudian Suku Melayu di Bagan Benio Kabupaten Bengkalis, masyarakat suku Kampar Hulu, dan banyak daerah terpencil di Riau rutin disambangi UAS.

Dalam perjalanan-perjalanan dakwah ke pedalaman, UAS biasanya meninggalkan jejak perjalanan dengan membangun masjid, musala dan madrasah.

Di Bagan Benio, UAS meletakkan batu pertama pembangunan Madrasah Pedalaman untuk setingkat tsanawiyah.

Ketua YTWU Ustadz Alnof Dinar menyampaikan ada beberapa agenda yang telah dilaksanakan UAS selama dakwah pedalaman Bengkalis ini.

Di anatranya, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Madrasah Dusun Bagan Benio.

"Ada juga penyerahan secara simbolis wakaf pembangunan madrasah Rp 50 juta dari YTWU,”ujar Ustadz Alnof Dinar.

“Khitan Ceria Peduli Umat 50 anak di Mts Miftahul Huda Tasik Serai dan seluruh peserta khitan diberi bingkisan dari YTWU,"lanjutnya.

Selain itu, tim juga menyalurkan beras SPBU dan sembako sebanyak 105 paket untuk masyarakat Bagan Benio dan 20 karung beras untuk masyarakat Duri.

Lalu menyalurkan 157 eksemplar mushaf Alquran untuk masyarakat Tasik Serai.

Selanjutnya, ada juga penyaluran buku bacaan anak dan buku Budaya Melayu Riau dari Penerbit Gahara yang disalurkan untuk SD Bagan Benio.

YTWU juga menyalurkan baju bersih layak pakai untuk masyarakat Bagan Benio sekitar 20 Kilogram.

"Hasil dari rihlah dakwah kita, delapan lembaga ini akan mendukung gaji tiga orang guru yang mengajar di lokal jauh Mts Miftahul Huda. Kita juga akan membangun sekolah Mts ini yang sekarang masih menumpang di kelas-kelas SD Bagan Benio. Dimulai bulan Oktober 2021 ini," ujar Ustadz Alnof Dinar

Ketua Pembina YTWU, Tatang Yudiansyah menyampaikan bahwa dakwah pedalaman ini adalah rutinitas tahunan Ustadz Abdul Somad (UAS) bersama YTWU dan lembaga dakwah lainnya.

"Untuk menyapa saudara kita yang terasing ini, kita musti langsung turun sekaligus untuk mengetahui keadaan riil masyarakat. Sehingga melahirkan kesyukuran kepada Allah SWT dan sayang kepada seluruh hamba Allah SWT," ujar Ustadz Tatang.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved