Breaking News:

Wakil Bupati Siak Husni Hadiri Rakor dan Peresmian Tim Restorasi Gambut Provinsi Riau

Wakil Bupati Siak Husni Merza menilai pembentukan Tim Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Riau sangat menguntungkan bagi Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza salam dengan Ketua LAM Riau Al Azhar pada acara Rakor dan pembentukan Tim Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Republik Indonesia, Senin (20/9/2021) di Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Wakil Bupati Siak Husni Merza menilai pembentukan Tim Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Provinsi Riau tahun anggaran 2021 sangat menguntungkan bagi Siak.

Pasalnya, 57 persen tanah di kabupaten Siak merupakan gambut dengan kedalaman 3 -12 meter, sehingag menjadi salah satu kabupaten paling rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Luasnya lahan gambut di Siak tentu membuat tim ini bisa konsen terhadap Siak, atau paling tidak ada skala prioritas untuk Siak. Karena itu kita sangat mendukung pembentukak tim restorasi gambut tingkat provinsi ini,” kata Husni, Selasa (21/9/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya juga menghadiri rapat koordinasi di Pekanbaru, Senin (20/9/2021) kemarin.

Bahkan pada Rakor itu dihadiri oleh Deputi Perencanaan dan Evaluasi Badan Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Republik Indonesia Satyawan Pudyatmoko, Asisten II Setdaprov Riau Evarefita dan kepala atau wakil kepala daerah.

“Saya sendiri mewakili Pak Bupati pada acara Rakor dan peresmian Tim Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Provinsi Riau tersebut. Ini merupakan salah satu usaha dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), yang dibentuk oleh Pemerintah Pusat, untuk menangani masalah gambut dan mangrove di seluruh wilayah Indonesia,” kata Husni.

Ia menerangkan, tim ini dibentuk dan diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau, dan beranggotakan seluruh bupati/Walikota se-Provinsi Riau. SK tim ini ditandatangani oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar pada Agustus 2021.

Husni menjelaskan, 57 persen total wilayah kabupaten Siak adalah wilayah gambut. Luas kawasan hutan alami 159,048 Ha atau 19 persen.

Produktifitas sawit 2.756 ton per hektar per tahun, karet 0, 867 ton per hektar per tahun dan kelapa 7.835 ton per hektar per tahun.

Ia menegaskan, Pemkab Siak Bupati Siak mempunyai komitmen yang tinggi untuk lingkungan, yang tertuang dalam visi misi, dan terwujud dalam program Siak Hijau.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved