Breaking News:

Mahasiswa KKN UMRI Manfaatkan Limbah Daun sawit Untuk UMKM di Kelurahan Muara Fajar Barat

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan dimulai awal September hingga akhir september 2021.

Editor: Sesri
Istimewa
Mahasiswa KKN UMRI Manfaatkan Limbah Daun sawit Untuk UMKM di Kelurahan Muara Fajar Barat 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Riau yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata dengan tema
Dari Desa Untuk Negeri.

KKN mahasiswa UMRI ni dibina langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Januar Al Amien, S.kom., M.Kom dengan Ketua Kelompok Raden Muhammad Bima Wisesa Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Program Studi Teknik Informatika.

27 anggota kelompok KKN ini dan 27 anggota lainnya berasal dari program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Mesin yang ada di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilakukan dimulai awal September hingga akhir september 2021.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Januar Al Amien, S.kom., M.Kom memberikan arahan kepada Mahasiswa/I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Kelompok 4 Kelurahan Muara Fajar Barat, Kec Rumbai Barat, Pekanbaru, bahwa mahasiswa/i itu harus menjaga kekompakan dengan harapan juga bisa membantu warga untuk memanfaatkan limbah sawit.

Serta tidak lupa pula menciptakan kegiatan bermanfaat untuk warga Kelurahan Muara Fajar Barat RT/RW : 001/003 serta mampu berbaur dengan warga setempat.

Mahasiswa/I Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Kelompok 4 memiliki ide untuk mengolah limbah kelapa sawit khususnya pada lidi sawit yaitu membuat anyaman piring yang umumnya digunakan untuk menghemat anggaran konsumsi pada acara tertentu.

Untuk membuat kerajinan dari lidi sawit membutuhkan dukungan warga, mahasiswa UMRI bekerja sama dengan PKK Muara Fajar Barat Kec Rumbai Barat RT/RW : 001/003. Dengan limbah lidi sawit dan pernis, Ibu PKK dan kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengubah lidi sawit menjadi berbagai kerajinan yang sangat bermanfaat .

Pada umumnya, pengrajin limbah sawit sering tinggal di daerah perkebunan yang jauh dari perkotaan.

Dapat dikatakan bahwa semua bagian dari kelapa sawit bermanfaat buah, daun dan batang, batang atau tulang daun kelapa juga dapat dibuat menjadi kerajinan yang bernilai ekonomi, dan tentunya dapat menambah pendapatan keluarga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved