Breaking News:

Video Berita

VIDEO Heboh Gerombolan Ikan Teri Melompat-lompat di Laguna Pantai Trisik Kulon Progo, Nelayan Panen

Teri sifatnya mengejar cahaya. Sehingga, seperti di pelabuhan itu cahayanya banyak lampu sehingga menuju ke pelabuhan bisa sampai pagi masih ada.

Editor: jefri irwan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemandangan Laguna Pantai Trisik, Kabupaten Kulon Progo menjadi perhatian warganet, setelah akun instagram @dislautkandiy mengabadikan momen gerombolan ikan teri melompat-lompat di tepi pantai.

Pada video yang diunggah Selasa (21/9/2021) lalu itu, terlihat sejumlah nelayan tampak sumringah dan bersemangat untuk menangkap ikan teri yang bertebaran itu.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Catur Nur Amin mengatakan, ada tiga kemungkinan mengapa gerombolan teri menepi di pantai selatan Kulon Progo.

Pertama karena adanya faktor perubahan suhu, di mana saat ini wilayah DIY sudah memasuki musim pancaroba.

"Kemungkinan pertama itu karena adanya perubahan suhu, sekarang kan sedang pancaroba sehingga terjadi perubahan suhu air laut. Sementara ikan teri mencari suhu yang nyaman, di darat lebih hangat jadi menuju ke arah darat," kata Catur, saat ditemui, Rabu (22/9/2021).

Tangkapan layar dari video ikan teri menepi ke daratan
Tangkapan layar dari video ikan teri menepi ke daratan (istimewa)

Kemungkinan kedua, lanjut Catur yakni saat sedang berpindah menuju suhu yang lebih hangat, gerombolan ikan teri dikejar oleh ikan predator salah satunya ikan layur.

"Kedua Saat berpindah ke tempat lain bergerombol kemudian ada predator misalnya layur mengejar dia. Pecah sebagian lari ke darat, sementara sebagian gerombolan lari ke tempat lain," imbuhnya.

Sementara untuk kemungkinan ketiga, Catur mengungkapkam gerombolan teri terpecah oleh gelombang besar dan menyebabkan gerombolan teri tersebut terseret hingga mendekati daratan.

Menurut Catur saat panen ikan teri ini biasanya terjadi pada malam hari karena ikan-ikan teri ini mengejar cahaya.

Sedangkan di pelabuhan saat malam hari banyak sumber cahaya yang membuat gerombolan teri memilih untuk mendekat ke daratan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved