Breaking News:

Menteri LHK Siti Nurbaya Kunjungi Pantai Raja Kecik Muntai Bengkalis, Tinjau Penanganan Abrasi

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar berkunjung ke Pantai Raja Kecik Desa Muntai Kecamatan Bantan untuk meninjau penanganan abrasi

Penulis: Muhammad Natsir | Editor: Ariestia
Istimewa
Menteri LHK Berkunjung ke Pantai Raja Kecik Desa Muntai di dampingi Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Minggu (26/9/2021) sore. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar berkunjung ke Pantai Raja Kecik Desa Muntai Kecamatan Bantan untuk meninjau penanganan abrasi.

Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia ini meninjau langsung upaya penanganan abrasi yang dilakukan masyarakat setempat secara swadaya.

Siti Nurbaya tiba di Pantai Raja Siak Kecil sekitar pukul 17.15 WIB di dampingi langsung Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso serta Sekda Bengkalis Bustami HY. Menteri melihat langsung upaya penanaman Mangrove yang dilakukan kelompok masyarakat di sana.

Serta menikmati pemandangan jembatan Raja Siak Kecil yang dibuat melintasi mangrove hingga ke ujung batu pemecah gelombang. Kunjungan berlangsung sekitar setengah jam, Siti Nurbaya mendengar pemaparan Bupati dan Wakil Bupati terkait kondisi abrasi yang terjadi di Bengkalis.

Desa Muntai satu diantara Desa yang terkena Abrasi, puluhan hektare tanah di Desa tersebut sudah menjadi lautan dan mengeser bibir pantai desa tersebut. Bahkan permukiman warga juga kuburan sudah jatuh ke laut akibat abrasi.

Selain mendengar pemaparan Bupati dan Wakilnya, Siti Nurbaya juga sempat mendengarkan curahan pembina Kelompok masyarakat Muntai Solihin terkait upaya penanganan abrasi yang mereka lakukan.

Usai mendegarkan pemaparan dan melihat kondisi abrasi di sana, Menteri LHK ini meninggalkan Desa Muntai bersama rombongan. Solihin pembina Kelompok masyarakat Muntai mengatakan kepada tribunpekanbaru.com kesempatan itu pihak berkomunikasi langsung dengam Menteri.

Apa yang disampaikan Solihin dilakukan tadi cukup mendapat respon yang baik.

"Kita minta pusat memperhatikan pulau kita ini, karena sebagai pulau terdepan dan terluar dan merupakan wilayah kedaulatan RI. Kita minta betul betul jadi prioritas pembangunan terutama penanganan abrasi oleh pemerintah pusat," terangnya.

Dari pertemuan tadi memang Menteri LHK belum ada menyampaikan apa apa.

"Karena memang kedatangan Menteri hari ini hanya melakukan cek dan ricek, kemungkinan apa yang dilihat nanti akan pembicaraan lebih lanjut antara Menteri dan Pemerintah Daerah," terangnya.

Selain dikunjungi Menteri LHK, rencanannya pada Selasa Mendatang Pantai Raja Kecik juga akan dikunjungi Presiden Joko Widodo. Kedatangan Menteri LHK ini juga memastikan lokasi kunjungan presiden yang akan dilaksanakan Selasa mendatang. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved