Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DLHK Pekanbaru Akan Bangun 112 TPS Sampah, Begini Saran Komisi IV DPRD Pekanbaru

Rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, akan membangun 112 TPS, disambut baik kalangan DPRD Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, akan membangun 112 TPS, disambut baik kalangan DPRD Pekanbaru. FOTO ILUSTRASI: Sejumlah sampah menumpuk menunggu untuk diangkut petugas kebersihan di tempat pembuangan sampah sementara (TPS), Jalan Rajawali, Kec Sukajadi Pekanbaru, Minggu (2/2/2020). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, akan membangun 112 TPS, disambut baik kalangan DPRD Pekanbaru.

Komisi IV DPRD yang merupakan mitra kerja DLHK Pekanbaru, justru mengapresiasi langkah positif ini. Sebab dengan begitu, diyakini sampah yang dibuang masyarakat, tidak berserakan lagi.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan meminta, agar DLHK memastikan dulu lokasi TPS, yang akan dibangun. Jangan sampai jika memakai lahan warga, menjadi persoalan di belakang hari.

"Yang pasti kita dukung lah. Tapi informasi ini kita belum dapatkan dari DLHK. Termasuk memakai anggaran mana, apakah APBD atau pihak ketiga," kata Nurul Ikhsan kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (27/9/2021).

Dengan kondisi anggaran yang minim saat ini, Komisi IV DPRD justru menyarankan, agar pembangunan TPS tersebut menggunakan anggaran lain, di luar APBD. Apakah dari pihak ketiga atau CSR.

Termasuk juga bentuk TPS yang akan dibangun, harus ramah lingkungan. Tentunya tidak mengganggu pihak lainnya. Apakah bentuk TPS nya permanen atau portabel, harus dipastikan.

"Yang pasti, demi kebersihan dan tata kelola sampah agar rapi dan indahnya kota ini, kita setuju dibangun. Itu tadi, kapan dibangun, pakai anggaran mana, belum ada laporan ke kita. Yang pasti, di APBD 2021, pembangunan TPS itu tidak ada," sebut Politisi Gerindra ini.

Sebelumnya, Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru Marzuki menjelaskan, bahwa pembangunan 112 TPS tersebut, berdasarkan arahan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun pembangunannya berdasarkan usulan dari pihak kecamatan.

Untuk merealisasikan program ini dan menjadikan Kota Pekanbaru bebas sampah, DLHK mengimbau masyarakat untuk membuang sampah mulai pukul 17.00 Wib sampai 04.00.

"Jadi, lokasi TPS yang akan dibangun di  Pekanbaru tersebut tersebar di 15 kecamatan. Pembangunannya kebanyakan dibangun, di mana titik sampah yang selama ini dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan," terangnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved