Breaking News:

Pria Jambi Seludupkan 875 Ekor Burung Gelatik dan Ciblek, Dicegat di Jalan Lintas Timur Pelalawan

Pria Jambi berinisial MR mencoba seludupkan 875 ekor burung gelatik dan burung ciblek , ia dicegat polisi di Jalan Lintas Timur Pelalawan

Penulis: johanes | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Johannes Wowor Tanjung
Pria Jambi Seludupkan 875 Ekor Burung Gelatik dan Ciblek, Dicegat di Jalan Lintas Timur Pelalawan. Foto: Seorang pria asal Jambi diamankan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan, Senin (27/09/2021) lalu, lantaran menyeludupkan sebanyak 875 ekor burung di dalam mobilnya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Seorang pria Jambi berinisial MR mencoba seludupkan 875 ekor burung gelatik dan burung ciblek , ia dicegat polisi di Jalan Lintas Timur Pelalawan.

Usai Dicegat, pria Jambi itu diamankan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan Senin (27/09/2021) malam, lantaran menyeludupkan sebanyak 875 ekor burung gelatik dan burung ciblek di dalam mobilnya.

Setelah ditangkap polisi, pria Jambi yang menyelundupkan burung gelatik dan burung ciblek itu diketahui warga Desa Sungai Putri Kecamatan Talanaipuras, Jambi .

MR diciduk Tim Opsnal Satreskrim Polres Pelalawan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Terantang Manuk, Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan sekitar pukul 01.30 wib.

Saat dimintai dokumen terkait ratusan burung yang dibawanya, MR tidak bisa menunjukannya.

"Ratusan burung yang dibawanya merupakan satwa yang tidak dilindungi secara undang-undang. Tapi sempat kita amankan," terang Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK melalui Kasat Reskrim AKP Nardy Masry Marbun SH MH, Selasa (28/09/2021).

Kasat Nardy Masry Marbun menyebutkan, awalnya pihaknya mendapat laporan dari LSM Flight Protecting Indonesia's Birds bahwa adanya transaksi terhadap penyelundupan satwa yang tidak di lengkapi dokumen di Pelalawan.

Kemudian pihaknya melakukan penyelidikan dan pengintaian terhadap terduga pelaku penyeludupan satwa non apdendiks cites itu.

Setelah didapatkan identitasnya, Tim Opsnal Satreskrim Polres Pelalawan mengikuti sebuah mobil Toyota Innova dengan nomor polisi D 1294 ADM yang melintas di Jalintim.

Setibanya di Jalintim Desa Terantang Manuk, Tim Opsnal mencegat pelaku dan mengamankannya.

Saat mobilnya digeledah, ditemukan burung sebanyak 875 ekor yang dikemas dalam 25 keranjang, dimuat di bagasi belakang mobil.

Burung tersebut berjenis Gelatik dan Ciblek.

"Pelaku tidak dapat menunjukkan dokumen satu surat-surat terkait pengangkutan dan perdagangan burung tersebut.

Barang bukti dan pelaku kita bawa ke Mapolres," tandasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved