Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Launching Aplikasi QRIS, Bupati Inhu Minta Warga Taat Bayar Pajak

Bahkan Kabupaten Inhu, merupakan daerah yang pertama di Pulau Sumatera menerapkan pembayaran retribusi kendaraan bermotor melalui aplikasi BRK QRIS

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) bersama dengan Bank Riau Kepri (BRK) resmi melaunching aplikasi BRK QRIS.

Melalui aplikasi yang bernama Quick Response Code Indonesian Standart tersebut memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah.

Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi mengimbau dengan kemudahan tersebut masyarakat semakin taat dalam membayar pajak.

"Aplikasi QRIS Bank Riau Kepri ini semakin mempermudah masyarakat dalam pembayaran pajak dan retribusi," ujar perempuan termuda yang menjabat Bupati itu, Selasa (28/9/2021).

Rezita menyampaikan saat ini seluruh pajak daerah di Inhu sudah dapat dibayarkan melalui aplikasi QRIS BRK tersebut, diantaranya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak hotel dan restoran, dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan sebagainya.

Sehingga masyarakat tidak perlu ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Inhu maupun ke BRK.

Cukup melalui aplikasi BRK mobile di smartphone, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak.

Selain dapat digunakan untuk pembayaran pajak, aplikasi QRIS BRK tersebut bisa digunakan untuk pembayaran retribusi pajak kendaraan bermotor.

Bahkan Kabupaten Inhu, merupakan daerah yang pertama di Pulau Sumatera menerapkan pembayaran retribusi kendaraan bermotor melalui aplikasi BRK QRIS.

Atas kemudahan yang diberikan aplikasi tersebut, Rezita Meylani Yopi memberikan apresiasi kepada BRK.

Dirinya juga meminta agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Inhu untuk terus berinovasi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Di samping itu, Rezita juga turut mengimbau masyarakat untuk taat membayar pajak daerah.

Sementara itu, Direktur Utama BRK, Andi Buchari mengungkapkan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Bank Indonesia.

Di Provinsi Riau sendiri, Kabupaten Inhu menjadi yang terdepan dalam penerapan pembayaran pajak dan retribusi daerah melalui aplikasi BRK QRIS tersebut.

"Kabupaten Inhu menjadi yang terdepan di Provinsi Riau dalam penerapan pembayaran pajak dan retribusi daerah melalui aplikasi BRK QRIS tersebut, yang paling istimewa di Inhu menjadi yang pertama dalam pembayaran eKIR melalui BRK QRIS," ujar Andi.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan uji coba langsung pembayaran pajak dan retribusi melalui aplikasi BRK QRIS.

Sejumlah pelaku usaha menunjukan kemudahan pembayaran pajak daerah melalui aplikasi yang ada di smartphone mereka.

( Tribunpekanbaru.com /Bynton Simanungkalit)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved