Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hingga September, DPRD Pekanbaru Baru Sahkan 9 Ranperda Menjadi Perda Pekanbaru

Bapemperda DPRD Pekanbaru, sudah menyelesaikan dan mengesahkan 9 Ranperda, menjadi Perda Kota Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Internet
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Meski dalam suasana pandemi Covid-19, hingga September 2021 ini, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pekanbaru, sudah menyelesaikan dan mengesahkan 9 Ranperda, menjadi Perda Kota Pekanbaru.

Kini ada 6 Ranperda lagi yang sedang diproses dan dibahas. Bapemperda DPRD menargetkan 6 Ranperda tersebut akan selesai dibahas hingga akhir tahun 2021 ini.

"Jadi, yang sedang diproses pembahasannya, termasuk Ranperda wajib di antaranya APBD Perubahan 2021, APBD murni 2022, serta LKPj Walikota Pekanbaru," kata Ketua Bapemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (30/9/2021).

Seperti diketahui, jumlah Prolegda Kota Pekanbaru tahun 2021, sebanyak 27 Ranperda. Jumlah ini terdiri dari Ranperda Inisiatif dan usulan Pemko Pekanbaru.

"Tahun ini, Ranperda Inisiatif DPRD hanya 8 Ranperda. Belum ada yang kita sahkan jadi Perda, karena terkendala kasus pandemi," tambah Zulfahmi lagi.

Namun sebagai catatan, pada tahun 2020 lalu, Bapemperda mengesahkan 3 Ranperda Inisiatif menjadi Perda. Satu di antaranya Perda Penanggulangan Narkoba.

Lebih lanjut disampaikan Politisi Partai Hanura ini, pihaknya memastikan tidak bisa menyelesaikan semua Prolegda yang diusulkan, yakni 27 Ranperda.

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Di antaranya terkendala waktu karena tidak bisa melakukan pertemuan, akibat pandemi Covid-19, belum selesainya sebagian naskah akademisi (NA), serta keterbatasan anggaran.

"Mudah-mudahan tahun depan (2022), bisa berjalan lancar. Terutama Ranperda yang benar-benar prioritas dan yang dibutuhkan masyarakat," sebutnya berharap. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved