Breaking News:

Penetapan Cakades Pilkades di Pelalawan Paling Akhir 5 Oktober, Verifikasi Berkas Harus Sudah Tuntas

Tahapan Pilkades di Pelalawan tahun 2021 masih proses verifikasi dan pengumuman Calon Kades (Cakades) oleh panitia di masing-masing desa.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Tahapan Pilkades di Pelalawan tahun 2021 masih proses verifikasi dan pengumuman Calon Kades (Cakades) oleh panitia di masing-masing desa. Foto: Petugas Posko Pilkades di kantor DPMD Pelalawan melayani para Balon Kades yang mengurus administrasi beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Pelalawan tahun 2021 masih proses verifikasi dan pengumuman Calon Kades (Cakades) oleh panitia di masing-masing desa.

Pengumuman dan penetapan Cakes yang lolos seleksi administrasi dilaksanakan pekan depan. Panitia sedang melakukan verifikasi berkas para Bakal Calon (Balon) Kades yang mendaftarkan diri.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memantau tahapan yang dijalankan panitia Pilkades, termasuk melakukan seleksi tambahan di desa yang memiliki Balon Kades lebih dari lima orang sesuai dengan aturan.

"Paling lambat 5 Oktober nanti Cakades di setiap desa sudah ditetapkan panitia. Mulai dari sekarang sudah ada yang menetapkan, tapi belum semua masuk laporannya," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPMD Pelalawan, Novri Wahyudi, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (3/10/2021).

DPMD, kata Novri Wahyudi, menggelar seleksi tambahan bagi para Cakades yang ada di Desa Telayap.

Pasalnya, Balon yang mendaftar ada delapan orang dan semua lulus administrasi.

Pada seleksi tambahan ini, proses penjaringan dilakukan berdasarkan beberapa indikator mulai dari pengalaman bekerja, usia, ujian tertulis, serta lainnya.

Ia menyebutkan, dari hasil seleksi yang dilakukan secara terbuka di kantor Camat Pelalawan, tiga dari delapan Cakades di Desa Telayap dinyatakan gugur.

Kemudian lima lainnya yang memiliki nilai tertinggi dari hasil seleksi dinyatakan lolos dan akan ditetapkan sebagai Cakades yang bertarung dalam Pilkades serentak gelombang lll ini.

"Untuk anggaran Pilkades sudah tidak ada masalah lagi. Dialokasikan di APBD perubahan yang telah disahkan DPRD kemarin," tegas Novri Wahyudi.

Pilkades serentak tahun ini diikuti oleh 61 desa yang ada di Pelalawan yang digelar 17 November mendatang. Pemda mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,5 Miliar yang bersifat Bantuan Keuangan Khusus (BKK).

Dengan pembagian yang beragam untuk setiap desa sesuai kebutuhan masing-masing. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved