Breaking News:

Bantah Dituduh Rasis, Natalius Pigai: Saya Katakan Orang Jawa Tengah Jokowi, Ganjar, Mana Rasis?

Mantan Komisioner Komnas HAM itu membantah telah melakukan ujaran bernada rasisme dalam cuitannya yang membawa nama-nama Presiden Jokowi, Ganjar

Editor: Ilham Yafiz
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Natalius Pigai 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Natalius Pigai berikan bantahan keras atas tuduhan rasisme yang dialamatkan kepadanya.

Mantan Komisioner Komnas HAM itu membantah telah melakukan ujaran bernada rasisme dalam cuitannya yang membawa nama-nama Presiden Jokowi, Ganjar Pranowo, dan orang Jawa Tengah.

"Saya katakan orang Jawa Tengah Jokowi, Ganjar. Mana rasis? Rasis itu suku. Jawa Tengah itu nama provinsi, wilayah administratif, bukan suku. Yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah itu hampir semua suku termasuk Papua, Bali, Sumatera dan lain-lain, sehingga tidak bisa katakan suku," kata Pigai dalam pesan singkat yang diterima Tribunnews, Senin (4/10/2021).

Dia melanjutkan antara frasa Jawa Tengah dan Jokowi itu tidak ada tanda koma, yang berarti langsung kepada individu atau krang bernama Pak Jokowi dan Pak Ganjar.

"Karena tidak sebut suku maka tidak masuk kategori rasis sehingga mereka yang melaporkan saya tidak memiliki legal standing," tambahnya.

Lebih lanjut, Pigai menilai jika memang Jokowi dan Ganjar merasa bahwa dirugikan terkait cuitannya, maka harus keduanya sendiri yang melaporkan ke polisi dan tak bisa diwakili.

"Tinggal saya buktikan tuduhan kepada Jokowi sebagai Presiden dan Ganjar sebagai Mantan Pimpinan Komisi 2 DPR RI yang memiliki hubungan langsung dengan Pemerintah Daerah Papua dan Otsus," ujarnya.

Bahkan, dia tak segan akan melaporkan balik sejumlah tokoh nasional yang berlaku rasis kepada rakyat Papua.

"Tinggal kami rakyat Papua dan rakyat Indonesia serta dunia akan menyaksikan polisi bertindak adil atau tidak," tandasnya

Sebelumnya, cuitan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) yang ditulis Natalius Pigai berbuntut pada pelaporan ke pihak kepolisian.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved