Breaking News:

CPNS Riau

Ada Kamera Deteksi Wajah di Layar Monitor, BKN Pastikan Tak Ada Celah Bagi Joki Tes SKD CPNS Riau

Pelaksanaan tes SKD CPNS di lingkungan Pemprov Riau dipastikan bebas dari praktik joki karena ada kamera yang bisa deteksi wajah

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIONO
Kepala BKN Regional XII Pekanbaru, Neny Rochyani foto bersama Sekdaprov Riau SF Hariyanto, Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan dan Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting. Dipastikan pelaksanaan tes SKD CPNS di lingkungan Pemprov Riau bebas dari praktik joki karena ada kamera yang bisa deteksi wajah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pelaksanaan tes SKD CPNS di lingkungan Pemprov Riau yang mulai dilaksanakan, Selasa (5/10/2021) bebas dari praktik joki.

Hal itu dipastikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XII Pekanbaru, Neny Rochyani.

Pasalnya, sebelum ujian berlangsung, panitia akan melakukan pemeriksaan secara ketat untuk memastikan orang yang ikut ujian sesuai dengan nama yang ada didalam daftar peserta ujian.

"Jadi dari awal, saat mereka melakukan pendaftaran, mereka mendapatkan nomor registrasi yang sudah dilengkapi dengan foto,” kata Neny yang ikut mengawasi jalannya pelaksanaan ujian SKD di UPT BKD Provinsi Riau. Jalan Amal Hamzah Pekanbaru, Selasa (5/10/2021).

“Nah, foto itu juga tersimpan didalam data base kita, saat mereka melakukan registrasi ulang itu ada barcode yang discan, kemudian ada alat pendeteksi wajah, face recognition namanya,"lanjutnya.

"Dari situ nanti akan keluar hasilnya dan membuktikan apakah foto yang mereka upload saat pendaftaran itu sama dengan yang ada di sini," imbuhnya.

Neny menegaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan secara ketat oleh panitia kepada seluruh peserta ujian sebelum masuk ke dalam ruangan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada joki bayaran yang menyusup masuk ke dalam ruang ujian.

"Ini adalah upaya kita untuk meniadakan praktik joki saat ujian SKD ini," ucapnya.

Tidak hanya sampai di situ saja, menurut keterangan Neny, pemeriksaan foto dan wajah peserta ujian tidak hanya dilakukan sebelum ujian.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved