Breaking News:

Bagaimana Cara Pakai Meterai Elektronik? Begini Aturan dan Pembayarannya?

Bagaimana cara pakai dan pembayaran meterai elektronik? Menteri Keuangan menerbitkan dua peraturan terkait bea meterai elektronik

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Meterai elektronik terdiri atas gambar lambang negara Garuda Pancasila, tulisan “Meterai Elektronik”, serta angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai serta memiliki kode unik berupa nomor seri dan keterangan tertentu. 

TRIBUNPEKANBARUCOM, PEKANBARU - Bagaimana cara pakai dan pembayaran meterai elektronik? Menteri Keuangan menerbitkan dua peraturan terkait bea meterai elektronik.

Pertama, aturan pembayaran bea meterai menggunakan meterai elektronik.

Kedua, aturan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2021 tentang pengadaan, pengelolaan, dan penjualan meterai.

Pembayaran bea meterai menggunakan meterai elektronik dilakukan dengan membubuhkan meterai elektronik pada dokumen yang terutang bea meterai melalui sistem meterai elektronik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, meterai elektronik memiliki kode unik berupa nomor seri dan keterangan tertentu.

Terdiri atas gambar lambang negara Garuda Pancasila, tulisan “Meterai Elektronik”, serta angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai.

Pembubuhan meterai elektronik dapat dilakukan melalui portal e-Meterai pada tautan https://pos.e-meterai.co.id terlebih dahulu membuat akun pada laman tersebut.

Dalam hal terjadi kegagalan pada sistem meterai elektronik, pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP).

Selain mengatur tentang pembayaran bea meterai dengan meterai elektronik jelasnya, aturan ini juga mengatur tentang ciri umum dan ciri khusus pada meterai tempel, meterai dalam bentuk lain, penentuan keabsahan meterai, serta pemeteraian kemudian.

"Peraturan ini sekaligus menggantikan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 4/PMK.03/2021," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat peluncuran Meterai Elektronik

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved