Breaking News:

Karhutla di Indragiri Hulu, Lima Hektar Lahan di Kuala Cenaku Terbakar

Sejak Rabu (6/10/2021) kemarin Kebakaran lahan dan Hutan kembali berkobar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Penulis: Bynton Simanungkalit | Editor: CandraDani
ist
Petugas gabungan melakukan pemadaman api kebakaran lahan di Desa Rawa Asri, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Kebakaran lahan kembali berkobar di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Karhutla yang terjadi sejak Rabu (6/10/2021) kemarin, tim gabungan berjibaku melakukan pemadaman api di Desa Rawa Asri, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian. S.sos kepada Tribunpekanbaru.com mengungkapkan perihal Karhutla atau kebakaran lahan di Kuala Cenaku tersebut.

Ergusfian menerangkan Karhutla kebakaran di Desa Rawa Asri diketahui oleh petugas pada Raby (6/10/2021) siang sekira pukul 13.30 Wib kemarin.

"Pada hari ini Rabu tanggal 6 Oktober 2021 kemarin Satgas Posko bersama Rengat menerima laporan dari anggota satgas yang bertugas di Kecamatan Kuala Cenaku pada pukul 13.30 WIB telah terjadi kebakaran lahan di Desa Rawa Asri, tepatnya di jalur tiga," ujar Ergusfian, Kamis (7/10/2021).

Ergusfian menerangkan bahwa lima hektar areal yang terbakar merupakan lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar dan ilalang.

Petugas gabungan yang diturunkan untuk melakukan pemadaman, antara lain lima orang personil TNI dari Koramil 01 Rengat, tujuh orang personil Polri, 10 orang personil KPBD Inhu, dan personil Manggala Agni.

Selain itu, pemadaman juga dibantu oleh petugas pemadaman dari PT SBL dan masyarakat.

"Tim gabungan dan dibantu masyarakat dibagi menjadi tiga kelompok untuk melaksanakan pemadaman, tim berusah memadamkan di kepala api. Dikarenakan hari sudah menjelang malam maka pemadam dilanjutkan esok hari," kata Ergusfian.

Total luas areal yang berhasil dipadamkan hingga sore kemarin sebanyak satu hektar.

Untuk melakukan pemadaman, tim menurunkan sejumlah peralatan, antara lain lima unit mesin pemadam, 12 rol selang, dua nozle.

Ergusfian menerangkan, stok air untuk pemadaman sampai saat ini masih tersedia.

(Tribunpekanbaru.com/Bynton Simanungkalit)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved