Breaking News:

Video Berita

VIDEO- Gubernur Riau Dukung Upaya Digitalisasi Keuangan Daerah, Syamsuar: untuk Cegah Kebocoran PAD

Syamsuar mendukung upaya digitalisasi pendapatan daerah. Ia menilai digitalisasi pendapatan daerah untuk mencegah kebocoran PAD

Penulis: Fernando | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Gubernur Riau, Syamsuar mendukung upaya digitalisasi pendapatan daerah. Ia menilai digitalisasi pendapatan daerah untuk mencegah kebocoran PAD.

"Kita juga memberi kemudahan kepada para wajib pajak, pembayaran pajak daerah dan retribusi langsung masuk ke kas daerah," paparnya usai menghadiri Rakorteknas Pengelolaan Pendapatan Daerah tahun 2021, Jumat (8/10/2021).

Dirinya mendorong daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau bisa menerapkan digitalisasi pendapatan daerah. Ia menyebut bahwa dinas terkait dalam pengelolaan pendapatan daerah harus berinovasi.

Mereka harus melakukan digitalisasi terhadap pendapatan dari pajak maupun retribusi.
Syamsuar mengakui bahwa pandemi covid-19 berdampak kepada pendapatan daerah.

Maka ia mendorong bapenda bisa berinovasi dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah.

"PAD di kabupaten kota menurun, kita berharap kementrian bisa mendukung dalam upaya meningkatkan PAD dalam menggerakkan ekonomi daerah," jelasnya.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mochamad Ardian Noervianto dalam kegiatan itu
mengajak pemerintah daerah bisa memanfaatkan teknologi. Ia menilai pemanfatan teknologi untuk menekan operasional dari berbagai sisi.

"Pendekatan teknologi perlu kita perkuat, jangan khawatir soal regulasi, pemerintah daerah bisa siapkan instrumen pendukung di daerah," jelasnya.

Dirinya memahami kondisi keuangan pemerintah daerah di masa pandemi. Ia menyebut kondisi keuangan pemerintah pusat juga terkena dampak pandemi yang berlangsung selama hampir dua tahun ini.

"Adanya pemanfaatan teknologi juga untuk mendukung optimalisasi pendapatan daerah," ulasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved