Breaking News:

Waspada Karhutla di Riau, Titik Panas Mulai Banyak Muncul

Waspada Karhutla di Riau, awal Oktober 2021 ini kembali banyak muncul titik panas di beberapa wilayah.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
istimewa
Waspada Karhutla di Riau, sebab setelah beberapa waktu terakhir hotspot berkurang di Riau, awal Oktober 2021 ini kembali banyak muncul titik panas di beberapa wilayah di Riau, bahkan merata di Pulau Sumatera. FOTO ILUSTRASI: Petugas berjibaku padamkan dan lakukan pendinginan Karhutla di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Waspada Karhutla di Riau, sebab setelah beberapa waktu terakhir hotspot berkurang di Riau, awal Oktober 2021 ini kembali banyak muncul titik panas di beberapa wilayah di Riau, bahkan merata di Pulau Sumatera.

Berdasarkan pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Jumat (8/10/2021), tercatat 39 titik panas di Riau.

Ini tersebar di Kabupaten Siak terbanyak 9 titik, disusul Inhil 8 titik, Bengkalis dan Pelalawan masing-masing 6 titik, Dumai dan Inhu masing-masing 3 titik, Meranti dan Kuansing masing-masing 2 titik.

Sedangkan total keseluruhan di Pulau Sumatera mencapai 194 titik panas, tersebar paling banyak di Lampung 77 titik, Sumatera Selatan 34 titik, Jambi 20 titik, Sumatera Utara 15 titik, Sumatera Barat 4 titik, Babel dan Belitung masing-masing 2 titik, serta Kepri 1 titik.

Sementara untuk kondisi cuaca sendiri menurut prakiraan cuaca dari BMKG memang masih terjadi hujan di beberapa wilayah di Riau.

Seperti di daerah Rokan Hulu, Kampar, Siak, Pelalawan dan Inhil potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Begitu juga saat sore hari biasanya terjadi di sebagian wilayah Kab. Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kab. Bengkalis, Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

BMKG masih mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Kab. Indragiri Hilir pada malam hingga dini hari.

Selanjutnya untuk suhu udara masih pada kisaran 23.0 hingga 33.0 °C. Dengan kelembapan udara kisaran 50 – 90 persen. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved