Breaking News:

Video Berita

Video: Mulailah Budidaya Lebah, Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Kali Panen

Sekitar empat bulan stup atau kotak bisa dipanen dan menghasilkan madu hingga 400 mili liter per kotaknya, 250 mili liter dijual hingga 310 ribu.

Penulis: Dodi Vladimir | Editor: aidil wardi

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Jika umumnya masyarakat berternak ikan, ayam hingga sapi untuk di perdagangkan, namun kini di Kota Pekanbaru usaha mulai merambah ke peternakan lebah.

Usaha unik ini mampu menghasilkan madu yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan bahkan bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah.

Bagi anda yang bingung untuk mencari peluang usaha di tengah wabah covid 19 tidak ada salahnya mencoba beternak lebah.

Hasil yang di inginkan yakni madu yang banyak di cari masyarakat untuk beragam manfaat bagi kesehatan.

Seperti di lokasi ternak lebah yang berada di Jalan Muhajirin, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, pekarangan rumah disulap menjadi tempat ternak lebah.

Nurul selaku pengelola lebah madu mengatakan, proses budidaya madu klanceng ini pun tergolong mudah, kotak atau stup yang terdapat sekitar dua ribu lebah jenis lebah klanceng dengan satu ratu lebah ini di tempatkan pada rak yang di letakkan di bawah pohon atau tanaman yang rindang dengan suhu sekitar 24 derajat celcius.

" Selanjutnya pemilik hanya menunggu sambil memastikan kondisi lebah baik jauh dari serangga, burung dan cicak yang menjadi hama," ujar Nurul.

Sekitar empat bulan stup atau kotak bisa dipanen dan menghasilkan madu hingga 400 mili liter per kotaknya.

Harganya pun cukup menjanjikan, madu klanceng per 250 mili liter dijual hingga 310 ribu rupiah.

Tidak hanya membudidaya secara pribadi, pemilik ternak lebah yang saat ini berkembang menjadi perusahaan PT Maha Karya Berkah Madani ini juga membuka peluang kepada masyarakat yang ingin berternak lebah.

Nurul juga menyebut untuk menghasilkan madu yang baik di perkarangan ternak lebah harus didukung dengan berbagai tanaman berbunga seperti bunga matahari hingga bunga bayam yang selanjutnya akan di proses oleh lebah pekerja.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved