Breaking News:

Rencana Keberangkatan Calon Jemaah Umrah, Ini Penjelasan Kanwil Kemenag Riau 

Kemenag Riau masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait keberangkatan calon jamaah umrah dari Riau.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Capture Youtube
Kemenag Riau masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait keberangkatan calon jamaah umrah dari Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau masih menunggu arahan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait keberangkatan calon jamaah umrah dari Riau.

Meski Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi.

Namun sejauh ini, Kanwil Kemenag Riau belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat. Termasuk petunjuk teknis dan tata pelaksanaanya.

"Kita belum menerima petunjuknya," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Minggu (10/20/2021) seraya menyebut pihaknya sejauh ini masih menunggu petunjuk teknis pemberangkatan calon jemaah umrah dari pemerintah pusat.

"Kita masih menunggu petunjuk teknisnya dari pemerintah pusat," imbuhnya.

Sementara untuk jumlah calon jemaah umrah, pihaknya belum bisa memastikan berapa yang akan diberangkatkan dan berapa lama antrian yang akan berangkat ke tanah suci. Sebab untuk data jumlah calon jemaah umrah ada dimasing-masing penyelenggara travel umrah dan haji.

"Kalau untuk umrah datanya ada di travel penyelenggara haji dan umrah, kalau di kita itu data untuk calon jemaah haji," katanya.

Seperti diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi.

Namun sejauh ini, Kanwil Kemenag Riau belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari pemerintah pusat. Termasuk petunjuk teknis dan tata pelaksanaanya. Meski demikian, ada ketentuan bagi jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Menurut Retno, ketentuan itu tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved