Breaking News:

Plt Kepala Dinas PUPR Pelalawan Dituntut 3 Tahun Penjara Kasus Dugaan Korupsi Turap Danau Tajwid

JPU menuntut Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, MD Rizal dengan hukuman kurungan penjara 3 tahun dalam kasus dugaan korupsi turap Danau Tajwid

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ariestia
Istimewa
JPU menuntut Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, MD Rizal dengan hukuman kurungan penjara 3 tahun dalam kasus dugaan korupsi turap Danau Tajwid 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, MD Rizal dengan hukuman kurungan penjara 3 tahun dalam kasus dugaan korupsi turap Danau Tajwid.

MD Rizal merupakan terdakwa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi, dalam peristiwa ambruknya turap Danau Tajwid, Kecaman Langgam, Kabupaten Pelalawan.

Ia dinilai oleh JPU terbukti bersalah melakukan perbuatan rasuah.

Tuntutan dibacakan JPU dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri Pekanbaru yang diketuai hakim Dahlan, Senin (11/10/2021).

Selain MD Rizal, JPU juga menuntut terdakwa lainnya, Tengku Pirda dengan hukuman yang sama. Tengku Pirda merupakan bawahan MD Rizal, yang juga bertindak selaku operator alat berat.

Menurut JPU, kedua terdakwa bersalah sesuai Pasal 10 huruf (a) Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke (1) KUHP.

"Menyatakan terdakwa MD Rizal terbukti secara bersalah sebagaimana diatur dalam Pasal 10 huruf (a) Undang-undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 55 ayat (1) ke (1) KUHP," kata JPU.

Tak hanya hukuman kurungan pidana penjara, MD Rizal dan Tengku Pirda juga dituntut membayar denda masing-masing Rp100 juta. Dengan ketentuan, apabila denda tidak dibayar dapat diganti kurungan badan selama 6 bulan.

Atas tuntutan itu, kedua terdakwa melalui penasehat hukumnya mengajukan pembelaan atau pledoi. Majelis hakim mengagendakan sidang pembacaan pledoi pada Kamis (14/10/2021) mendatang.

Dalam dakwaan JPU disebutkan, dugaan korupsi yang dilakukan MD Rizal dan Tengku Pirda, terjadi pada 12 September 2020, di lokasi Pekerjaan Paket I Revertmen. Sungai Kampar-Danau Tajwid di Kecamatan Langgam.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved