Breaking News:

Kadis ESDM Riau Tersangka

Kepala Dinas ESDM Riau Tersangka, Sekdaprov Sebut Tunggu Arahan Gubernur Tunjuk Penggantinya

Ditetapkannya Kadis ESDM Riau Indra Agus Lukman sebagai tersangka korupsi, Sekdaprov Riau sebut menunggu petunjuk Gubernur untuk cari penggantinnya.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
Internet
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau belum berencana menyiapkan pengganti sementara Indra Agus Lukman sebagai Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau.

Pengganti sementara Kepala Dinas ESDM Riau ini mencuat pasca ditetapkan Indra sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Kuansing.

"Kita tunggu pak gubernur, apakah nanti ditunjuk pelaksana tugas atau bagaimana," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto menjawab pertanyaan media saat dikonfiirmsi soal kekosongan OPD ESDM pasca tersangkutnya masalah hukum yang dialami oleh Indra Agus.

Baca juga: Kadis ESDM Riau Indra Agus Tersangka, Fitra Sebut Perekrutan Pejabat Pemprov Lemah

Baca juga: Sandang Status Tersangka dan Ditahan,Kadis ESDM Tak Diberi Bantuan Hukum oleh Pemprov Riau,Kenapa?

SF menegaskan, Pemprov Riau tidak akan memberikan pendampingan hukum bagi Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, yang ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan korupsi bimtek pada Dinas ESDM Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), tahun 2013.

"Pemprov Riau tetap terapkan asas praduga tak bersalah. Namun masalah pendampingan hukum, Pemprov Riau tidak akan memberikan pendampingan hukum terhadap ASN yang berurusan dengan kasus dugaan korupsi dan narkoba," katanya.

Sementara Kepala Biro Hukum, Elly Wardani saat dikonfirmasi Tribun, Selasa (12/10/2021) menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Indra.

Sebab kasus yang sedang melilit Indra adalah kasus pidana.

Sehingga Pemprov Riau secara aturan tidak berhak memberikan bantuan dan pendampingan hukum.

"Tidak ada (bantuan hukum) karena ini kan kasus pidana, jadi kalau kasusnya pidana, apalagi ini kan pribadi, jadi kita memang tidak bisa memberikan bantuan (hukum)," Elly menjelaskan alasan Pemprov Riau tidak bisa memberikan bantuan hukum kepada Indra yang saat ini sudah ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing.

Baca juga: Keluarga Indra Agus Bingung, Kajari Dianggap Gunakan Hukumnya Semaunya, Benarkah Karena Dendam?

Baca juga: BREAKING NEWS: Kadis ESDM Riau Indra Agus Lukman Ditetapkan Tersangka, Terjerat Korupsi Apa?

Meski tidak bisa memberikan bantuan dan pendampingan hukum kepada Indra, Pemprov Riau masih bisa membantu Indra untuk konsultasi terkait dengan kasus hukum yang membelitnya.

Namun konsultasi hanya bisa dilakukan di luar persidangan.

"Paling-paling nanti kalau pak Indra butuh konsultasi terkait dengan persoalan hukum yang sedang dihadapinya kita bisa bantu, tapi kalau langsung terjun untuk mendampingi sampai ke persidangan atau menyiapkan pengacara itu kita tidak bisa," ucapnya.

Namun Elly menegaskan, sejauh ini pihaknya belum menerima permohonan dari Indra Agus terkait permintaan untuk konsultasi terkait persoalan hukum yang sedang dihadapinya.

"Kalau ada permintaan sekedar untuk berkonsultasi diluar persidangan itu masih bisa, untuk mendampingi dipersidangan itu tidak bisa, tapi sampai hari ini kita belum mendapatkan permintaan untuk konsultasi dari pak Indra," kata Elly.

Seperti diketahui, Kejari Kuansing resmi menetapkan Indra Agus Lukman yang saat ini menjabat sebagai Kadis ESDM Riau sebagai tersangka korupsi, Selasa (12/10/2021).

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Indra Agus sempat menjalani pemeriksaan di Kejari Kuansing sejak pukul 09.00 WIB. Setelah diperiksa hingga pukul 14.00 WIB, Indra langsung ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Bimtek pada Dinas ESDM Kabupaten Kuansing tahun 2013 silam. (Tribunpekanabru.com/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved