Breaking News:

Video Berita

VIDEO: BC Riau Bersama ‎ BC Dumai‎, Musnahkan BMN Hasil Penindakan, Ini Barang Barang dan Nilainya

Lebihlanjut dijelaskan Fuad, untuk kelompok kedua yang dimusnahkan, yakni, 241.260 batang rokok berbagai jenis dan merk yang merupakan barang hasil

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: didik ahmadi

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Sebagai salah satu unit yang melakukan pengawasan di bidang kapabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah (Kanwil) bea Cukai (BC) Riau ‎bersama dengan BC Dumai, gencar dalam memberantas peredaran barang kena Cukai Ilegal. 

Dari penindakan yang telah dilakukan, Kanwil BC Riau dan BC Dumai, juga rutin memusnahkan barang bukti untuk menghindari penyalahgunaan dan menghilangkan nilai guna dari barang barang hasil penindakan.

Bertempat di halaman belakang Kantor Bea Cukai Dumai, Rabu (13/10/2021),  digelar kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) hasil penindakan periode 2020-2021, pelanggaran tindak Kepabeanan dan Cukai. 

Pemusnahan BMN hasil penindakan periode tahun 2020-2021, pelanggaran tindak Kepabeanan dan Cukai, dimusnahkan dengan cara di bakar, di potong dan dilindas dengan alat berat.

Kepala Kantor BC Dumai, Fuad Fauzi mengungkapkan, bahwa pada hari ini (Rabu), pihaknya menggelar pemusnahan BMN, hasil penindakan  pelanggaran tindak Kepabeanan dan Cukai, periode  2020-2021.

Ia menambahkan, adapun Barang Milik Negara Kanwil BC Riau dan BC Dumai,  dimusnahkan tersebut terdiri dari dua kelompok berdasarkan persetetujuan pemusnahan yang diberikan kantor KPKNL Dumai yaitu kelompok pertama, ‎ 2.637.316 batang rokok berbagai jenis dan merek tanpa dilekati pita cukai;

Kemudian tambahnya, 2.227  liter Minuman Mengandung Etil Alkohol berbagai jenis dan merek tanpa dilekati pita cukai, 250 karung pakaian bekas, dan pakaian bekas ini merupakan serah terima dari Ditpolairud Polda Riau.

"Sementara perkiraan total nilai barang tersebut di atas adalah sebesar Rp5.313.862.312 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp2.371.855.457  Kesemua barang tersebut hasil dari total 42 kali kegiatan penindakan," imbuhnya.

Lebihlanjut dijelaskan Fuad, untuk kelompok kedua yang dimusnahkan, yakni, 241.260 batang rokok berbagai jenis dan merk yang merupakan barang hasil operasi pasar BC  Dumai. 

Selanjutnya, 139 Barang Kena Cukai (BKC) Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Golongan C Impor berbagai merk dan 192  kaleng Barang Kena Cukai (BKC) MMEA Golongan A Impor berbagai merk yang merupakan barang hasil penindakan Bea Cukai Dumai, yang berasal dari operasi pasar, patroli laut, pengawasan terminal penumpang Ferry dan terminal penumpang Sri Junjungan, dan sebagainya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved