Breaking News:

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Masyarakat Diminta Tetap Waspada dan Konsisten Terapkan Prokes

Situasi pandemi terus menunjukan perbaikan di tingkat nasional. Kasus positif Covid-19 terus menurun dalam satu pekan terakhir

Editor: Rinal Maradjo
Tribun Pekanbaru/Johannes Tanjung
Pelaksanaan PTM terbatas di SMPN 1 Pangkalan Kerinci yang diberlakukan dengan Prokes Ketat. Dengan penerapan prokes tersebut, sejak sepekan terakhir kasus Covid-19 di tanah air terus menurun 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Situasi pandemi terus menunjukan perbaikan di tingkat nasional. Kasus positif Covid-19 terus menurun dalam satu pekan terakhir.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan penurunan kasus Covid-19 menjadi kabar gembira di saat pandemi Covid-19 terus menghantui

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam Dialog Produktif Kabar Kamis: Hidup Baru Patuh Prokes yang disiarkan kanal YouTube FMB9ID_IKP, Kamis (14/10/2021).

"Kita lihat situasi nasional saat ini baru satu minggu terakhir ini, terjadi penurunan kasus yang cukup besar sebesar 23,3 persen," kata Wiku.

Wiku menambahkan angka kematian pada pekan ini juga mengalami penurunan yang cukup besar yakni 31,9 persen.

Sementara angka kesembuhannya di level nasional pada pekan ini juga mengalami penurunan.

Jika dibandingkan pekan sebelumnya, kata Wiku, seminggu terakhir penurunan kesembuhannya sebesar 18,4 persen.

Wiku mengatakan bahwa per 10 Oktober 2021, sudah tidak ada Kabupaten/Kota yang berada di zona resiko tinggi sejak empat pekan terakhir.

Dimana ada 3 Kabupaten/Kota yang berada pada zona resiko sedang dan mayoritas kabupaten kota ini berada pada zona resiko rendah sekitar 98,4 persen.

Serta ada lima Kabupaten yang zona hijau.

"Jadi itu kondisi nasional saat ini. Tentunya terkait dengan berbagai aspek mulai dari vaksinasi, protokol kesehatan yang dijalankan oleh masyarakat, serta 3T yang untuk mendeteksi kasus-kasus yang ada," jelas Wiku.

Wiku juga mengatakan keberhasilan dalam menekan penularan Virus Corona adalah dengan patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes).

Wiku menyebut bahwa saat ini tingkat kepatuhan serta disiplin masyarakat terus membaik dalam menjalakan protokol kesehatan.

"Berkaitan dengan perilaku masyarakat pada prinsipnya sekarang relatif baik meskipun kita tetap harus waspada harus tetap menjaga protokol kesehatan," kata Wiku.

Wiku juga menyebut di tengah kasus yang rendah maka apabila ada ketidakdisiplinan dalam protokol kesehatan, maka masih bisa terjaga.

Namun apabila di tempat-tempat tertentu yang sirkulasi virus yang masih tinggi maka tidak patuh protokol kesehatan bisa langsung mendongkrak kasus menjadi lebih tinggi.

"Tentunya protokol kesehatan tidak bisa kita tinggalkan, harus selalu disiplin protokol kesehatan 3M," ucap Wiku. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved