Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Pekanbaru Segera Bangun Politeknik, DPRD Pekanbaru Inginkan Tahun 2022 Beroperasi

Pemko Pekanbaru mewacanakan mendirikan Perguruan Tinggi Politeknik Pekanbaru. Rencana tersebut sudah disampaikan Disdik Pekanbaru

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Pemko Pekanbaru mewacanakan mendirikan Perguruan Tinggi Politeknik Pekanbaru. Rencana tersebut sudah disampaikan Disdik Pekanbaru. FOTO: Suasana hearing Komisi III DPRD Pekanbaru dengan Disdik Pekanbaru, terkait PPDB dan sekolah tatap muka, Senin (20/9/2021) di ruangan Banmus DPRD. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemko Pekanbaru mewacanakan mendirikan Perguruan Tinggi Politeknik Pekanbaru.

Rencana tersebut sudah disampaikan Disdik Pekanbaru, kepada Komisi III DPRD Pekanbaru, saat rapat kerja (hearing) kemarin.

Seperti diketahui, sebenarnya Pemko Pekanbaru sudah sejak lama, mewacanakan mendirikan Politeknik. Namun saat itu masih ada kendala. Bahkan gedungnya sudah dipersiapkan, yakni Kantor Disdik Pekanbaru, yang berlokasi di Jalan Air Hitam.

Kantor Disdik Pekanbaru ini awalnya, direncanakan untuk SMK Pekanbaru.

Namun karena kewenangan SMK kini diambil alih Pemprov Riau, maka setelah gedung selesai, dimanfaatkan dulu untuk Kantor Disdik Pekanbaru.

Anggota komisi III DPRD kota Pekanbaru Zulkarnain SE MSi menegaskan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi rencana pendirian Politeknik ini.

"Sudah saatnya Kota Pekanbaru punya Politeknik. Karena anak-anak yang belajar di kampus ini nantinya, bisa siap pakai dan terjun ke dunia kerja. Jadi, KIT support penuh lah," sebut Zulkarnain kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (15/10/2021).

Diakuinya, di tengah era globalisasi saat ini, putra-putri Kota Pekanbaru harus siap bersaing kerja. Apalagi pangsa pasar kini meminta pekerja yang siap pakai.

"Karena politeknik ini adalah sekolah dengan skill. Nanti selesai pendidikan nya bisa langsung terjun ke dunia kerja, tidak lagi bermimpi menjadi pegawai negeri," sebutnya.

Namun sebelum beroperasi, legislator meminta Pemko Pekanbaru membuat kerjasama dengan seluruh dunia usaha. Seperti BUMN, BUMD, swasta, serta dunia pariwisata dan lainnya.

Tujuannya, agar lulusan Politeknik ini bisa langsung dipakai. Supaya politeknik dapat eksis dan benar-benar mempersiapkan SDM yang unggul.

"Kita harapkan tahun 2022 sudah bisa beroperasi," harapnya.

Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas mengatakan, secara administrasi pihaknya sudah mengajukan permohonan ke Kementerian Pendidikan.

Bahkan Disdik juga sudah menggalang dukungan dari berbagai pihak termasuk anggota  dewan. Termasuk dukungan Gubernur Riau sudah didapatkan.

"Kami berharap semua pihak mendukung. Termasuk juga DPRD Kota Pekanbaru. Sebab, Gubernur sudah memberikan dukungannya. Gubernur tinggal melakukan pertemuan dengan Kementerian," harapnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved