Breaking News:

Mgr. Dr. Vitus Rubianto Solichin SX, Uskup Padang yang Baru

umat Kaolik di dua provinsi, Sumatera Barat dan Riau kini memiliki pemimpin baru, Mrg. Vitus Rubianto Solichin, SX sebagai Uskup yang baru.

IST
Perayaan Pentahbisan Uskup terpilih dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2021 pada pukul 10.00 wib sampai dengan selesai bertempat di Katedral Keuskupan Padang – Gereja Katolik ST. Theresia Kanak Kanak Yesus, yang dipimpin langsung oleh Nunctio, Mgr. Piero Pioppo ( Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia) beserta Uskup Penahbis Pendamping antara lain, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap (Uskup Agung Medan) dan Mgr. Adrianus Sunarko, OFM (Uskup Pangkalpinang). 

TRIBUNPEKANBARU.COM Setelah penantian panjang selama kurun waktu dua tahun, akhirnya umat Katolik khusunya Keuskupan Padang bersukacita.

Pasalnya, umat Kaolik di dua provinsi, Sumatera Barat dan Riau kini memiliki pemimpin baru, Mrg. Vitus Rubianto Solichin, SX sebagai Uskup yang baru.

Sebagai rangkaian acara Pentahbisan Uskup, sehari sebelum Pentahbisan dilaksanakan Vesver Agung yang dipimpin oleh Mgr.Antonius Subianto Bunjamin, OSC (Uskup Bandung).

Perayaan Pentahbisan Uskup terpilih dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2021 pada pukul 10.00 wib sampai dengan selesai bertempat di Katedral Keuskupan Padang – Gereja Katolik ST. Theresia Kanak Kanak Yesus, yang dipimpin langsung oleh Nunctio, Mgr. Piero Pioppo ( Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia) beserta Uskup Penahbis Pendamping antara lain, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap (Uskup Agung Medan) dan Mgr. Adrianus Sunarko, OFM (Uskup Pangkalpinang).

Sebanyak 18 orang Uskup dari Keuskupan se Indonesia, 80 orang imam sebagai konselebran, biarawati, undangan /umat turut hadir dalam perayaan tersebut, yang tentunya tetap menerapkan aturan protokol kesehatan.

Dalam petikan kotbahnya, Mgr Adrianus Sunarko menyampaikan pesan dari Bapa Suci Fransiskus tentang keduniawian rohani, yakni orang-orang yang “bersembunyi” dibalik kesalehan dan kasih kepada Gereja dan bukan mencari kemuliaan Allah melainkan kemuliaan manusiawi dan kesejahteraan pribadi yang tak ubahnya seperti orang Farisi.

Model kepemimpinan ini acapkali membuat umat resah dan gelisah.

Namun, umat di Keuskupan ini tidak perlu khawatir apalagi gelisah, karna Uskup yang akan ditahbiskan hari ini tidak seperti itu, justru sebaliknya, beliau ingin menjadi pemuka agama yang berbela rasa dan tergerak oleh belas kasih.

Serta berbahagia dalam melaksanakan tugas perutusannya, sebahagia senyum beliau di foto cover buku perayaan Misa Tahbisan ini, imbuh Uskup Pangkalpinang ini yang diikuti gelak senyum dan tawa para hadirin.

Acara pentahbisan berlangsung hikmat dan megah, serta terlaksana dengan baik dikordinir oleh RP Robledo Sanchez, J.G, SX selaku Ketua Panitia, dan disiarkan secara Live Streaming bekerjasama KOMSOS Keuskupan Padang, KOMSOS St.Paulus Pekanbaru, KOMSOS St. Maria a Fatima Pekanbaru, KOMOS KWI, KOMSOS KAJ, KOMSOS Keuskupan Denpasar.

Diakhir acara secara live ditampilkan ucapan selamat dari umat, organisasi kategorial, serta dari Pemerintahan Prov.Riau yang disampaikan langsung oleh Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved