Breaking News:

29.837 Warga Pelalawan Belum Vaksinasi Kedua, Satgas Covid-19 Tunggu Vaksin dari Provinsi

Sebanyak 29.837 Warga Pelalawan sampai saat iin belum menjalani vaksinasi kedua sebaab Satgas Covid-19 menunggu vaksin dari provinsi.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Johannes Tanjung
Sebanyak 29.837 Warga Pelalawan sampai saat iin belum menjalani vaksinasi kedua sebaab Satgas Covid-19 menunggu vaksin dari provinsi. FOTO: Vaksinasi yang digelar Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan kepada masyarakat Pangkalan Kerinci beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Sebanyak 29.837 Warga Pelalawan sampai saat iin belum menjalani vaksinasi kedua sebaab Satgas Covid-19 menunggu vaksin dari provinsi.

Satuan Tugas (Satgas) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Pelalawan masih menunggu kiriman stok vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Pasalnya, ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan (Diskes) semakin menipis.

Padahal program vaksinasi kepada masyarakat terus digalakkan untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum tuntas.

Proses penyuntikan berjalan di semua Fasilitas Kesehatan (Faskes) milik pemerintah, khususnya untuk warga penerima dosis kedua sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

"Kita diminta untuk segera melaksanakan vaksinasi, tetapi sampai sekarang masih menunggu stok vaksin," terang juru bicara Satgas Covid-19 Pelalawan, Asril M.Ke, kepada tribunpekanbaru.com, Minggu (17/10/2021).

Asril menjelaskan, permohonan untuk vaksinasi dari berbagai kelompok masyarakat maupun organisasi sudah banyak masuk ke Dinas Kesehatan (Diskes).

Namun pihkanya belum bisa berbuat banyak lantaran jumlah vaksin yang ada saat ini tidak memadai. Bahkan kebanyakan untuk warga penerima dosis kedua yang harus disuntikkan.

Ia mengakui, jika program vaksinasi yang digelar berbagai organisasi, instansi pemerintah, serta kelompok masyarakat cukup membantu satgas Covid-19 dalam mensukseskan vaksinasi kepada masyarakat.

Pasalnya, pelaksana vaksinasi itu sendiri yang bertanggungjawab dalam menyediakan vaksinnya, termasuk dosis kedua. Sedangkan Diskes hanya menyiapkan petugas medis atau vaksinator saja.

"Sekarang ada beberapa organisasi yang telah menghubungi kita melaksanakan vaksinasi dalam jumlah besar. Kita dukung sembari menjalankan program yang dari kita," tukas Asril.

Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan ini menyebutkan, total warga Pelalawan yang telah divaksin sebanyak 80.939 orang untuk dosis pertama.

Sedangkan yang telah tuntas hingga dosis kedua yakni 51.102 orang dari jumlah itu. Artinya masih ada 29.837 warga yang sampai saat ini belum mendapatkan dosis kedua dan masih menunggu jadwal masing-masing.

"Capaian vaksinasi kita saat ini sudah 46,9 persen. Target kita sampai 70 persen dari jumlah warga yang disarankan untuk divaksin," tegasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved