Breaking News:

Dekranasda Kampar Gelar Fashion Show Batik Kampar di Novotel Pekanbaru

Dekranasda Kabupaten Kampar menggelar fashion show Batik Kampar di Novotel Pekanbaru, Sabtu (16/10/2021). Acara itu juga diisi dengan Talshow

Penulis: Alex | Editor: Rinal Maradjo
tribunpekanbaru.com
Seorang model memperagakan Batik Kampar dalam acara fashion show yang digelar Dekranasda Kampar di Novotel Pekanbaru, Sabtu (16/11/2021) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -- Bak peragawati profesional, ibu-ibu Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar melenggok-melenggok peragakan batik kampar ke publik, dalam gelaran fashion show dan talkshow yang ditaja di Novotel Pekanbaru, Sabtu (16/10/2021).

Kegiatan bertajuk Explore Batik Muara Takus Kampar tersebut terlaksana atas kerjasama sejumlah pihak, di antaranya Pemerintah Kabupaten Kampar, Dekranasda Kampar, Puan Aspekraf, dan juga Novotel Pekanbaru selaku bagian dari Accor Grup.

Beragam model pakaian ditampilkan dengan desain yang apik, dipadukan dengan batik motif Muara Takus, yang menjadi produk dan kebanggaan Kabupaten Kampar.

Para ibu-ibu Dekranasda tersebut dengan percaya diri memperagakan pakaian yang mereka gunakan dengan corak batik Kampar, dengan ragam warna dan gaya kekinian.

General Manager Hotel Novotel Pekanbaru Sentot Lasiyanto mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut untuk mengangkat budaya dan kearifan lokal, sehingga budaya dan produk lokal semakin dikenal dan diminati masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah.

Selain pihaknya, Grup Accor lainnya di nusantara juga menggelar agenda serupa, untuk membantu mengangkat budaya, kearifan lokal, serta produk di masing-masing daerah. Bahkan pihaknya juga turut memperkenalkan produk batik tersebut ke tamu hotel.

"Untuk kegiatan ini kami bekerjasama dengan Puan Aspekraf dan Kabupaten Kampar untuk memperkenalkan Batik Muara Takus Kampar. Kami mengangkat budaya-budaya lokal, jadi tamu-tamu hotel akan mendapatkan banyak hal-hal positif saat kembali ke asalnya," kata Sentot di sela-sela kegiatan.

Ia juga menambahkan, agenda ini merupakan bagian dari Batik Nusantara Celebration dari ALL Accor Live Limitless, yaitu program yang dijalankan serentak oleh jaringan hotel Accor di lebih dari 30 destinasi di Indonesia.

"Program ini merupakan bagian dari kampanye sepanjang tahun grup Accor bertajuk Rediscover Indonesia bersama ALL Accor Live Limitless," ulasnya.

Ditambahkannya, kampanye tersebut mengajak tamu untuk selain menginap, menikmati pengalaman lokal ikonik yang luar biasa melalui empat pilar, kuliner, seni dan budaya, kebugaran dan kesehatan, serta destinasi, melalui kemitraan dengan ratusan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

"Di Novotel Pekanbaru sendiri kita bekerja sama dengan Puan Aspekraf dan SUMEC TV dalam event ‘Explore Batik Muara Takus Kampar’ untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan batik lokal kita, salah satunya Batik Kampar dengan motif Batik Muara Takus yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kampar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kampar, Muslimawati Catur mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada pengerajin batik, untuk terus mengangkat dan mengembangkan motif-motif dari budaya lokal.

"Kami berikan semangat dan motivasi bagi pengerajin, untuk terus kembangkan motif, kita gali terus budaya dan kearifan lokal. Semoga ini menjadi warna baru bagi Kabupaten Kampar. Melalui Dekranasda kami semakin maju kedepannya dalam mengembangkan produk batik ini," kata Muslimawati.

Ia juga berharap, agar skill para pengerajin juga terus diasah, melalui beragam pelatihan yang bisa didapatkan, sehingg batik Kampar kedepannya dapat terus berkembang lebih pesat lagi.

"Semoga ke depannya semakin banyak lagi yang bisa kita gali dari kearifan lokal, dan batik Kampar semakin dikenal masyarakat luas," tuturnya. ( Tribunpekanbaru.com / Alexander)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved