Breaking News:

CBS, TNI AU dan RS Awal Bros Gelar Simulasi Evakuasi Korban Karhutla

Charles Bonar Sirait Communications, Rumah Sakit Awal Bros dan Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin, berkolaborasi gelar Simulasi evakuasi korban Karhutla.

Editor: M Iqbal
istimewa
Charles Bonar Sirait Communications, Rumah Sakit Awal Bros dan Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin, berkolaborasi gelar Simulasi evakuasi korban Karhutla. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kerap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau membuat Charles Bonar Sirait Communications, Rumah Sakit Awal Bros dan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, Minggu (17/10) berkolaborasi gelar Simulasi Evakuasi korban Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam simulasi itu Karhutla terjadi di Rokan Hulu dan mengakibatkan ada 3 orang korban. Untuk melakukan evakuasi Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin menurunkan helikopter untuk menjemput korban untuk dibawa ke Pekanbaru.

Sesampaikan di Lanud Roesmjn Nurjadin pihak Rumah Sakit Awal Bros langsung menurunkan mobil ambulans dan membawa ketiganya untuk mendapatkan perawatan di RS Awal Bros.

Direktur Utama CBS Communications Charles Bonar Sirait, menjelaskan ide kolaborasi para pihak ini didasari atas Turunan SDG's (Sustainable Development Goals) Nomer 3 terkait tentang Menyediakan Jaminan Kesehatan Universal untuk seluruh Manusia.

Sementara Komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin Marsma Andi Kustoro, SE melalui Komandan Wing 6 Kolonel Pnb Jajang Setiawan SM MHan PSCJ mengungkapkan pentingnya kolaborasi program ini yang menunjukkan manunggalnya TNI AU dengan setiap unsur masyarakat sekaligus sebagai proses edukasi publik tentang Public Health.

Terkait Karhutla jelas Jajang, TNI AU sangat berperan sekali mulai dari pemadaman sampai pembuatan hujan buatan. "Untuk hujan buatan saat ini kami tidak melakukannya saat kabut asap sudah tebal, karena bahan yang digunakan bukan hanya garam saja tapi harus ditambah kapur Tohor. Makannya sebelum kabut asap hujan buatan kami buat" ujar Jajang.

Komisaris dan Pemilik Rumah Sakit Awal Bros Amnah Awaloeddin SH mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kerjasama Charles Bonar Sirait Communications Jakarta dan TNI AU dengan RS Awal Bros. "Apalagi kami sudah 23 tahun bekerjasama dengan TNI AU dan layanan kami juga cukup lengkap mulai dari tenaga medis yang profesional sampai dengan tim management yang luar biasa," ujarnya.

Kemudian Amnah juga berharap agar media selalui mensuport RS Awal Bros dengan berita - berita yang sehat untuk disampaikan ke masyarakat agar Awal Bros maju dan berkembang di Riau, Sumatera dan Nasional.

"Jadi melalui kolaborasi inilah kami ingin menyampaikan kemasyarakat bagaimana penangangan evakuasi korban karhutla. Apalagi ini kegiatan kami pertama semenjak Pandemi Cobid 19," ucapnya.

Acara yang digelar sejak Pukul 06.00 pagi tersebut selain simulasi, juga diisi dengan olahraga pagi bersama di runway Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Podcast Charles Bonar Sirait dengan Danlanud

Lanud Roesmin Nurjadin - Marsma Andi Kustoro, SE Pendidikan Jurnalisme Sehat di Era Digital bagi para Mahasiswa Provinsi Riau yang Berprestasi serta Demo Masak Sehat dan Talkshow bersama para Ubu Anggota PIA Ardhyagarini Lanud Roesmin Nurjjadin.

Kemudian setiap Mahasiswa berprestasi yang mengikuti pendidikan Jurnalisme Sehat di Era Digital akan mendapatkan hadiah berupa Medical Check Up Gratis dari Rumah Sakit Awal Bros, ujar Amnah Awaloeddin, SH, Komisaris Rumah Sakit Awal Bros.

Demo Masak Sehat & Talkshow seputar Gizi Kesehatan yang didukung oleh Ibu Danlanud Roesmin Nurjadin serta Dokter Eka Maya SpGK dari Rumah Sakit Awal Bros Sudirman, Pekanbaru juga turut mendukung program kolaborasi tersebut.

Atas kegiatan itu Charles Bonar Sirait Communications Jakarta berharap event-event positif serupa pada waktu mendatang dapat digelar lebih intensif untuk memajukan Edukasi Public Health bagi masyarakat Indonesia, menutup rangkaian kolaborasi tersebut. ( Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved