Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Relokasi Pasar Agus Salim, DPRD Pekanbaru Ajak Pedagang Jangan Mau Terprovokasi

Pasar Agus Salim Pekanbaru, akan dijadikan kawasan kuliner. Ini imbauan DPRD Pekanbaru

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Pasar Agus Salim Pekanbaru, akan dijadikan kawasan kuliner. Ini imbauan DPRD Pekanbaru FOTO: Sejumlah lapak pedagang yang berada di Jalan Agus Salim, Pekanbaru, Rabu (7/7/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pasar Agus Salim Pekanbaru, akan dijadikan kawasan kuliner, di Kota Bertuah Madani ini. DPRD Pekanbaru 

Sejak awal Oktober lalu, Pemko Pekanbaru melalui Disperindag, sudah mulai merelokasi pedagang.

Berbagai imbauan sudah dilakukan, dengan tujuan agar pedagang mau pindah ke lokasi, yang sudah disiapkan Pemko Pekanbaru.

Sesuai data yang diperoleh dari Disperindag Pekanbaru, jumlah pedagang Agus Salim sekitar 350-an.

Rencana Pemko akan merelokasi ke sejumlah tempat, yang sudah disediakan seperti Pasar Higienis, Pasar Rakyat dan di kawasan Jembatan Sungai Sago arah ke Jalan Ahmad Yani.

Terkait rencana ini, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST, mendukung langkah Pemko ini.

Namun relokasi ini dilaksanakan secara persuasif dan sebaik mungkin.

"Pemerintah pastinya sedang memberi solusi dan langkah konkrit, untuk para pedagang di Agus Salim. Namun tetap kita harapkan kepada dinas terkait, melakukan komunikasi dari awal dan jangan terputus-putus," kata Ginda Burnama kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (19/10/2021).

Politisi milenial Partai Gerindra ini memastikan, tujuan Pemko menjadikan kawasan Agus Salim menjadi tempat kuliner seperti Molioboro di Yogyakarta, dipastikan sangat baik.

Hal ini juga bertujuan, untuk penataan kawasan kota supaya lebih bagus dan terkelola dengan baik. Diakuinya, pedagang yang berjualan di sana, kebanyakan pedagang yang sudah berjualan sejak puluhan tahun lalu.

Namun untuk kepentingan bersama, termasuk untuk perbaikan ke depan, maka Ginda meminta pedagang mematuhinya. Jika perlu, pindah dari sekarang.

"Kita imbau kepada pedagang Agus Salim, jangan mau terprovokasi. Jangan cepat mendengar informasi-informasi yang belum resmi dari pemerintah. Informasi yang simpang siur jangan didengarkan. Ini tujuannya agar bisa berjualan sebagaimana mestinya," harap Ginda.

Kepala Disperindag Pekanbaru Ahmad Ingot mengharapkan, agar pedagang secara sukarela mengosongkan lokasi yang di tempati saat ini. Karena tempat relokasinya sudah disiapkan.

"Jumlah pedagang Agus Salim sekitar 350-an. Untuk yang bisa ditampung di pasar yang kita siapkan hanya untuk 200 pedagang. Tapi untuk sisanya, kita relokasi ke kawasan Jembatan Sungai Sago. Nanti kita bina dan kita tata," sebutnya.

Saat ini, proses relokasi sudah mulai dilakukan oleh sejumlah OPD teknis. Seperti PUPR, Damkar, DLHK dan lainnya. Ditargetkan dalam waktu dekat akan selesai. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved