Breaking News:

Vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru, Pemko Siapkan Tim Khusus Jemput Lansia untuk Divaksin

Proses pemberian vaksin jemput bola ini bertahap di seluruh kelurahan. Capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pekanbaru masih rendah.

Penulis: Fernando | Editor: Ilham Yafiz
Dokumentasi Tribunpekanbaru.com / Fernando
Masyarakat Pekanbaru membludak saat mengakses layanan bus vaksinasi keliling di RSD Madani, Kamis (14/10/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tim Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru segera melakukan percepatan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia.

Tim disiapkan untuk melakukan vaksinasi jemput bola khusus untuk lansia.

Proses pemberian vaksin jemput bola ini bertahap di seluruh kelurahan. Capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pekanbaru masih rendah.

Capaiannya baru berkisar 25,5 persen dari total lansia yang mesti suntik vaksin. Sedangkan target untuk bisa masuk PPKM level 1 capaiannya harus 60 persen.

Mereka yang sudah suntik vaksin baru 17.981 orang. Sedangkan jumlah lansia yang mesti suntik vaksin terdata sebanyak 70.384 orang.

"Capaian kita untuk vaksinasi lansia masih rendah, maka harus ada upaya jemput bola," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, tim vaksinasi nantinya juga harus jemput bola bersama aparat terkait seperti babinsa dan bhabinkantibmas. Mereka yang datang ke rumah lansia untuk memberi suntikan vaksin.

Firdaus menyebut pemberian vaksin menyesuaikan wilayah lansia. Vaksinasi jemput bola ini seiring proses pendataan terhadap para lansia yang belum suntik vaksin.

Dirinya juga mendorong camat dan lurah segera melakukan pendataan terhadap lansia yang belum mendapat suntik vaksin. Mereka harus mengetahui alasan dari lansia yang belum suntik vaksin.

Walau demikian capaian vaksinasi bagi masyarakat umum sudah memenuhi indikator PPKM level 1. Capaian vaksin I bagi masyarakat umum mencapai 78 persen.

Ada 512.789 masyarakat rentang usia 18 tahun hingga 59 tahun yang mendapat suntik vaksin pertama. Total jumlah masyarakat yang berusia rentang tersebut harus mendapat suntik vaksin sebanyak 651.837 orang.

Indikator lainnya untuk mencapai PPKM level 1 yakni penelusuran kontak erat pasien positif covid-19. Jumlah penelusuran kontak erat satu pasien positif covid-19 masih di bawah 15 orang.

( Tribunpekanbaru.com / Fernando Sikumbang )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved