Breaking News:

DPRD Pekanbaru

DPRD Pekanbaru Desak Kepastian Pembangunan Pasar Cik Puan yang 10 Mangkrak

Para pedagang Pasar Cik Puan Pekanbaru berkali-kali menyampaikan keluhan kepada legislator di DPRD Pekanbaru terkait Pasar Cik Puan.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Para pedagang Pasar Cik Puan Pekanbaru berkali-kali menyampaikan keluhan kepada legislator yang ada di DPRD Pekanbaru terkait Pasar Cik Puan. FOTO: Warga melintas di areal pembangunan Pasar Cik Puan, Pekanbaru yang masih  terbengkalai, Selasa (15/6/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir)  

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Para pedagang Pasar Cik Puan Pekanbaru berkali-kali menyampaikan keluhan kepada legislator di DPRD Pekanbaru terkait Pasar Cik Puan.

Para pedagang risau dan bertanya-tanya, kapan pembangunan pasar yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai/Nangka tersebut.

Sebab, sudah 10 tahun mangkrak dan tidak jelas kapan dibangun lagi, pasca asetnya sudah diserahkan Pemprov Riau kepada Pemko Pekanbaru. Ikhwal ini juga sudah 

Seperti diketahui, Pasar Cik Puan dibangun tahun 2010-2011 lalu. Seiring waktu berjalan, karena di lokasi pembangunan pasar sebagiannya aset Pemprov Riau, pada tahun lalu lahan yang merupakan aset Pemprov, sudah diserahkan ke Pemko Pekanbaru.

Agar tidak terlalu lama mangkrak, Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan meminta, agar Pemko Pekanbaru segera memastikan pembangunannya.

"Kita percaya untuk kepengurusan administrasi aset, tidak lah terlalu lama. Maka dipastikan saja, karena kasihan pedagang di sana," kata Nurul kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (21/10/2021).

Politisi Partai Gerindra ini tidak menuntut Pemko menggunakan anggaran mana, untuk pembangunannya. Apalagi di masa kesulitan anggaran di APBD, Pemko harus mencari solusi terbaik. Termasuk nantinya pembangunan diserahkan ke pihak ketiga.

"Bagi kita, atas pembangunan ini nanti, jangan ada pihak yang dirugikan. Terutama prioritaskan pedagang. Karena ini juga untuk menggerakkan roda ekonomi," sebutnya.

Nurul Ikhsan meminta, dalam tahun ini Pemko Pekanbaru harus bisa membangunnya. Sehingga apa yang direncanakan Walikota Pekanbaru Firdaus MT hingga di masa akhir jabatannya, bisa terwujud.

"Percepat saja, kita di DPRD mendukung, selagi untuk kepentingan masyarakat banyak," pintanya.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT belum lama ini menjelaskan, untuk Pasar Cik Puan, kini masih proses pengurusan kepemilikan aset yaitu sertifikasi tanah.

Pemko Pekanbaru sekarang sedang melakukan kajian-kajian teknis dan akademis. Pemko mengharapkan prinsip dasar win-win solution (menguntungkan semua pihak) mulai dari rakyat, pemerintah, hingga pedagang.

"Pengelolaan Pasar Cik Puan masih kami kaji. Yang jelas, kalau pakai APBD, akan terbebani. Mendingan anggaran itu untuk kesehatan dan pendidikan. Makanya ini masih proses," sebut Walikota. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved