Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Hingga Oktober Ini Baru 3 Perda Disahkan, DPRD Pekanbaru Targetkan 8 Perda Lagi

Propemperda DPRD Pekanbaru, sudah memproses beberapa Ranperda, yang masuk dalam Prolegda tahun 2021 ini.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Internet
Propemperda DPRD Pekanbaru, sudah memproses beberapa Ranperda, yang masuk dalam Prolegda tahun 2021 ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) DPRD Pekanbaru, sudah memproses beberapa Ranperda, yang masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2021 ini.

Hingga Oktober ini, sudah 3 Ranperda yang disahkan menjadi Perda Kota Pekanbaru.

Seperti diketahui, dalam Tahun 2021 ini, sebanyak 27 Ranperda yang masuk dalam Prolegda Kota Pekanbaru. Dari 27 Ranperda tersebut, 8 di antaranya Ranperda Inisiatif DPRD Pekanbaru.

Selebihnya, 19 Ranperda lainnya merupakan usulan Pemko Pekanbaru. Ketua Propemperda DPRD Pekanbaru Zulfahmi SE menjelaskan, 3 Ranperda yang sudah disahkan tersebut, masing-masing Perda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020, Perda Perubahan Atas Perda No 5 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat Dari Penyebaran dan Dampak Virus Covid-19, serta Perda tentang Perubahan APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2021.

"Jadi, dari 3 Perda yang sudah disahkan 2 di antaranya Perda wajib dan satu Perda usulan Pemko Pekanbaru. Dalam waktu dekat akan disahkan Perda APBD 2022," terang Zulfahmi kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (21/10/2021).

Lebih lanjut disampaikan, saat ini ada 2 Ranperda lagi dalam proses di Pansus. Keduanya yakni Ranperda tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, dan Ranperda tentang Air Limbah.

Pansus belum melaporkan untuk dibawa ke Paripurna. Selain itu, sebut Zulfahmi, ada 6 Ranperda menunggu untuk diparipurnakan pembentukan Pansusnya.

Masing-masing Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pajak Air Tanah, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda No 4 Tahun 2010 tentang Bea Peroleh Hak Atas Tanah dan Bangunan, Ranperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Selanjutnya, Ranperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Ranperda tentang Retribusi Air Limbah, Ranperda tentang Perubahan ke-empat Atas Perda No 2 Tahun 2015 Tentang Penyertaan Modal Daerah dan Penambahan Penyertaan Modal Kepada Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Hukum Lainnya.

"Setelah 3 Perda yang kita sudah sahkan kemungkinan besar sekitar 8 lagi yang bisa kita kebut tahun ini pengesahannya. Sisanya nanti akan dimasukkan dalam Prolegda 2022," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved