Breaking News:

Video Berita

Video: Bupati Wardan Akui Efisiensi Sistem E-Voting Pilkades di Desa Karya Tani

Bupati Inhil HM Wardan memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara E-Voting di Kabupaten Inhil

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: aidil wardi

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEMPAS – Bupati Inhil HM Wardan memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 Kabupaten Inhil di sejumlah desa, Kamis (21/10/21).

Bupati Inhil beserta unsur Forkompinda Inhil dan sejumlah pejabat eselon memulai pantauannya dengan mengunjungi TPS 006 Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu.

Setelah itu Bupati dan rombongan antara lain, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, Dandim 0314/Inhil Letkol Imir Faishal, Kajari Inhil Rini Triningsih, Ketua Komisi 1 DPRD Inhil Razali melanjutkan kunjungan pantauannya ke TPS 01 dan TPS 02 Desa Teluk Jira, Kecamatan Tempuling.

Pantauan Pilkades serentak 2021 Bupati Inhil dan rombongan berakhir di Desa Karya Tani, Kecamatan Kempas untuk melihat langsung penerapan sistem Elektronik Voting (E–Voting) Pilkades Serentak 2021.

Desa Karya Tani merupakan satu – satunya desa yang menjadi percontohan untuk menerapkan sistem E – Voting pada Pilkades Serentak 2021 ini.

Bupati Inhil HM Wardan beserta rombongan pun memfokuskan pantauannya di TPS 02 Desa Karya Tani untuk melihat prosesi pemungutan suara menggunakan sistem E–Voting.

Orang nomor 1 di Inhil ini mengakui kemudahan kinerja sistem E – Voting yang memang merupakan hal baru di Kabupaten Inhil. Meskipun sistem ini baru bisa dilaksanakan di 1 desa saja dari 96 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2021.

“95 Desa lainnya masih mencoblos seperti biasa. Alhamdulillah dari pantauan kita dengan menggunakan sistem E - Voting ini sangat efektif dan efesien sekali, dari sisi penyedian sarana atau peralatannya sangat efektif sekali dalam penggunaan kerta,” ungkap Bupati usai meninjau pemungutan suara sistem E– Voting di TPS 02 yang berlokasi di Gedung PAUD Desa Karya Tani.

Selain itu, menurut Bupati Wardan, tingkat kerahasian sistem E – voting ini juga sangat terjamin, karena sistemnya sudah terprogram secara baik sehingga yang di khawatirkan seperti manipulasi dan segala macamnya tidak terjadi.

“Untuk menggunakan sistem ini di seluruh desa memang sangat memerlukan dana besar. Kita masih keterbatasan anggaran, ke depannya kita sesuaikan anggaran kita,” tuturnya.

Meskipun begitu, Bupati menambahkan, hal yang terpenting saat ini adalah pelaksanaan Pilkades 2021 serentak ini bisa berjalan aman dan lancar apalagi ditengah situasi pandemi saar ini.

“Yang jelas pelaksanaan Pilkades serentak 2021 Inhil ini dapat terlaksana dengan baik, suskes dan lancar berdasarkan pantauan kita. Mudah - mudahan kondisi kondusif aman lancar dan tidak ada kita menemukan permasalahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 4 alat E – Voting di gunakan pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Desa Karya Tani, Kecamatan Kempas, kabupaten Inhil.

Alat E – Voting di operasikan di 4 TPS  antara lain,  TPS 01 di parit Jujum, TPS 2 di Gedung PAUD seberang kantor Desa Karya Tani Jalan Parit Kasian, TPS 03 parit Tumin dan TPS ke 04 di halaman PT Sinarmas. (Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved